Gelar Karya Pembelajaran (GKP) #2

Gelar Karya Pembelajaran merupakan suatu bentuk apresiasi dan media untuk menumbuhkan kreativitas siswa dan guru dalam kegiatan pembelajaran. Selain hal tersebut Gelar Karya Pembelajaran juga merupakan media edukasi kepada masyarakat khususnya calon peserta didik agar mengenal lebih dekat konsentrasi keahlian yang terdapat di SMK Negeri 4 Malang. Gelar Karya Pembelajaran ke-2 pada tahun 2022 ini mengusung tema “Menyiapkan Gen-Z di Era GIG Economy” yang dilaksanakan pada Hari Rabu sampai dengan Jumat tanggal 21 – 23 Desember 2022.

Gelar Karya Pembelajaran yang ke-2 ini memiliki sasaran kepada seluruh siswa dan Guru SMK Negeri 4 Malang, Siswa SMP di Kota Malang, Orang Tua siswa, Mitra Industri, Stake Holder dan Masyarakat. Terdapat 34 stand pameran yang di sediakan dengan rincian 1 stand ukuran 12 x 2.5 meter yang di isi oleh siswa dari karya Pembelajaran P5, 25 Stand untuk kelas X dengan ukuran masing-masing 3 x 2.5 meter yang di isi oleh karya siswa pada saat PJBL dan Pembelajaran P5, 8 stand untuk masing-masing konsentrasi keahlian dengan ukuran 6 x 2.5 meter yang berisi pameran mengenai pengenalan dari kosentrasi keahlian masing-masing yang merupakan tanggung jawab dari kepala bengkel, serta 1 stand untuk menampilkan hasil karya inovatif guru berupa media ajar atau produk kreatif lainnya.

Waktu kegiatan Gelar Karya Pembelajaran dimulai pada hari Senin – Selasa, 19 – 20 Desember 2022 sebagai persiapan untuk pameran dengan kegiatan persiapan partisi, loading barang dan Display. Pada hari pertama pameran yakni hari Rabu, 21 Desember 2022 dilaksanakan Pembukaan oleh Bapak Drs. Gunawan Dwiyono, S.ST., M.Pd. selaku Kepala SMK Negeri 4 Malang dengan cara pemotongan pita sebagai bentuk pembukaan acara Gelar Karya Pembelajaran ke-2 tahun 2022 ini, acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars SMK Negeri 4 Malang, doa, sambutan dari Ketua Panitia, sambutan dari kepala sekolah, lounching  Aplikasi E-Kantin, acara dilanjutkan dengan unjuk karya berupa penampilan Seni Tari, Nyanyi, Band dan Dance, serta pada kesempatan lainnya terdapat  kegiatan alumni mengajar di Bengkel Konsentrasi Keahlian masing-masing.

Pada hari kedua Kamis, 22 Desember 2022 dilaksanakan Pameran dan ujuk karya berupa penampilan Seni Tari, Nyanyi, Band dan Dance, lanjutan dari kegiatan Alumni Mengajar, dan kehadiran dari undangan VIP Sekolah yakni Kepala Cabang Dinas Kota Malang dan Batu Ibu Dr. Ema Sumiarti, M.Si. dan Bapak Drs. Sukardi, M.Pd. selaku pengawas SMK Negeri 4 Malang, beliau berdua langsung menuju ke Lapangan Serba Guna (Labana) untuk meninjau secara langsung seluruh stand baik dari stand Konsentrasi Keahlian maupun stand siswa.

Pada hari ke-3 dilakukan Pameran dan unjuk Karya berupa penampilan Seni Tari, Nyanyi, Band dan Dance yang sangat seru sekali, Kegiatan alumni Mengajar, dan bersamaan dengan kehadiran orang tua dan wali murid dari seluruh kelas X dan XI untuk melaksanakan penerimaan rapor semester Ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Seluruh rangkaian kegiatan Gelar Karya Pembelajaran ditutup dengan kegiatan pengumuman hasil lomba stand siswa terbaik dan penampilan terbaik dari seluruh peserta kegiatan. Acara diakhiri dengan kegiatan penutupan dan pembongkaran stand. Harapan dari seluruh Warga bahwa kegiatan Gelar Karya Pembelajaran ini dapat bermanfaat bagi siswa dan Guru serta Warga Grafika pada umumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *