MEMBANGUN KEHARMONISAN PEMBELAJARAN SMKN 4 MALANG SELAMA BULAN RAMADHAN 1445 H

Selama bulan Ramadhan, suasana pembelajaran di SMKN 4 Malang berbeda dengan kegiatan selain bulan Ramadhan. Selama bulan ramadhan suasana religius menghiasi atmosfer sekolah, namun kegiatan pembelajaran tetap berjalan lancar sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan selama bulan ramadhan. Agar kegiatan  belajar mengajar dapat berjalan dengan efektif sekolah menerapkan pembelajaran dengan sistem dua shift untuk kelas X dan bimbingan Penilaian Sumatif  Akhir Jenjang (PSAJ) untuk kelas XII.  SMKN 4 Malang berusaha memberikan pelayanan pendidikan yang menyeluruh dan terencana kepada peserta didiknya.

Pembelajaran Dua Shift untuk Kelas X

Kegiatan pembelajaran selama bulan ramadhan untuk kelas X, agar pembelajaran dan juga jadwal ibadah berjalan dengan lancar, SMKN 4 Malang menerapkan sistem dua shift. Shift pertama untuk kelas XII yang sedang malaksanakan bimbingan PSAJ dimulai pada pagi hari yaitu pukul 07.00 dan berakhir pukul 11.00, sementara shift kedua untuk kelas X yang melaksanaakan pembelajaran dimulai setelah istirahat dan berakhir pada pukul 15.00.

Sistem dua shift ini dirancang untuk memberikan fleksibilitas kepada peserta didik dalam menjalankan ibadah puasa dan menjaga kesehatan fisik serta mental. Dengan demikian, mereka dapat tetap fokus pada pembelajaran tanpa mengorbankan kesejahteraan pribadi. Selain itu, waktu pembelajaran yang disesuaikan juga memungkinkan penyerapan materi yang lebih baik karena peserta didik dapat lebih berkonsentrasi. Setiap shift proses pembelajaran di SMKN 4 Malang tetap berjalan dengan serius. Guru-guru yang berkualitas dan berpengalaman memastikan bahwa materi yang diajarkan disampaikan secara efektif dan mudah dipahami oleh peserta didik. Aktivitas pembelajaran tidak hanya terbatas pada pengetahuan akademis, tetapi juga meliputi keterampilan praktis yang relevan dengan bidang studi masing-masing.

Bimbingan PSAJ untuk Kelas XII

Sementara itu, bagi peserta didik kelas XII, bulan Ramadhan juga merupakan momen penting dalam persiapan menghadapi Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ). Untuk memastikan bahwa peserta didik siap menghadapi ujian tersebut, SMKN 4 Malang selama bulan Ramadhan menyelenggarakan bimbingan PSAJ.

Bimbingan PSAJ ini difokuskan pada mata pelajaran non-produktif, yang mana merupakan bagian dari kurikulum SMK. Mata pelajaran ini mencakup berbagai keterampilan praktis dan pengetahuan yang relevan dengan bidang pekerjaan yang akan ditempuh oleh peserta didik setelah lulus.

Selama periode bimbingan PSAJ, peserta didik kelas XII diberikan bimbingan intensif oleh guru-guru yang ahli di bidangnya. Mereka memberikan pemahaman mendalam tentang materi ujian, strategi pengujian, serta memberikan latihan dan kuis untuk mengukur pemahaman peserta didik.

Penulis :
Frenti Indra Kusumawati, Brian Sandi Ivanov, Dwi Fahmi Muhammad, Krismon Nuvi Febriyanti, Mahera Nur Sofia, Ria Febrianti (Mahasiswa PPL PPG UM 2024)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *