SEJARAH

1938 : Tahun ini adalah tahun dimana untuk pertama kalinya telah berdiri sekolah percetakan di Indonesia oleh yayasan Karmel dan bertempat di Probolingo pada rumah anak yatim bernama Santo Clemens. Sekolah percetakan ini dipimpin oleh Frater L.C Lommelaars hingga jepang datang, beberapa guru ditawan dan mesin-mesin dirampas, sehingga sekolah ini ditutup.

Setelah Pendudukan Jepang berakhir, maka pihak yayasan Karmel berusaha mencari alat-alat, mesin-mesin dan lain sebagainya yang tempatnya tersebar di seluruh Jawa. Kemudian Sejarah resmi sekolah ini pindah ketangan Pemerintah dibawah I.P.P.I Jakarta. Karena sempitnya ruangan maka diusahakan gedung baru milik yayasan Katholik St. Josef yang bersifat sementara di jalan Semeru 36 Malang dan masih di bawah pimpinan H.C Lommelaars dan Fr. M. Vincentius van der Waarden.

1953 : Akhir tahun 1953 dibangun gedung baru di Jalan Bengawan Solo yang dipimpin oleh Frater M. Bernardo.

1954 : Pada November 1954 mulailah ditempati gedung baru di Jalan Bengawan Solo 1 Malang. Dalam tempo 1 minggu pekerjaan memindahkan mesin mesin beserta pemasangannya telah selesai berkat bantuan dari kepala montir dari NIMEF.