Unggul dalam prestasi, Terdepan dalam Kebersamaan di Hari Kemenangan Sebagai Tema Halal Bi Halal Hari Raya Idhul Fitri 1445 H di SMKN  4 Malang

Arti halal bihalal adalah tradisi unik Indonesia yang bermula dari kata Arab ‘halal’ yang berarti diizinkan atau sah. Istilah ini merujuk pada tradisi setelah bulan Ramadhan di mana masyarakat berkumpul untuk saling meminta maaf dan mempererat tali silaturahmi antara sesama muslim dan saudara seiman, khususnya selama perayaan hari raya Idul Fitri. Makna halal bihalal mencerminkan upaya rekonsiliasi dan memaafkan kesalahan masa lalu, sekaligus memperkuat ikatan komunitas. Halal bihalal tidak hanya menjadi wujud dari silaturahmi tetapi juga sebagai sarana untuk bersyukur kepada Allah SWT setelah sebulan penuh berpuasa.

Demikian juga kegiatan Halal Bi Halal Hari Raya Idhul Fitri 1445 H di SMKN  4 Malang dengan tema “Unggul dalam prestasi, Terdepan dalam Kebersamaan di Hari Kemenangan” yang dilaksanakan pada hari Kamis, 18 April 2024 bertempat di Lapangan Serba Guna (Labana). Acara tersebut di awali dengan kegiatan Halal Bi Halal saling bersalaman yang dilakukan oleh siswa bersama Bapak/Ibu dewan guru SMKN 4 Malang kelas X dan Kelas XII dengan jumlah kurang lebih 1800 siswa untuk dua angkatan. Setelah pelaksanaan Acara Halal Bi Halal seluruh siswa bisa melanjutkan belajar di rumah.

Pelaksanaan Halal Bi Halal Hari Raya Idhul Fitri 1445 H dilanjutkan dengan acara Silaturrahmi antara guru karyawan beserta bapak/ibu dewan guru yang sudah purna tugas dari SMKN 4 Malang, beserta tamu undangan baik dari tokoh masyarakat sekitar RT, RW, Kelurahan Kasin, Perwakilan TNI  Angkatan Laut dan Juga Komite Sekolah yang telah bersama-sama turut mendukung mengembangkan dan memajukan sekolah sampai dengan pencapai saat ini.

Adapun susunan acara halal bi halal yang dilaksanakan di Labana SMKN 4 Malang yakni Pembukaan, sambutan oleh Bapak Drs. Gunawan Dwiyono, S.ST., M.Pd. selaku kepala sekolah, Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an yang lantunkan oleh Bapak Triyudi Yudawan, S.Pd. dilanjutkan dengan acara Tausiah dengan tema Indahnya Silaturrahmi di bulan yang penuh kemenangan yang di sampaikan oleh Ustad Nur Kholik, S.Pd. selaku guru Pendidikan Agama Islam, acara dilanjutkan dengan penyampaian Tali Asih kepada Bapak Dharmadi, S.Pd. guru pengajar Bahasa Indonesia dan Ibu Chusniyah, S.Pd. selaku guru pengajar produktif pada konsentrasi keahlian Teknik Grafika (TG) yang bertepatan dengan purna tugas dari beliau berdua mengabdi di SMKN 4 Malang. Setelah acara penyampaian tali asih dilanjutkan dengan acara saling bersalaman antar seluruh tamu undangan dan warga Grafika, yang kemudian langsung di arahkan untuk menuju Hall lantai 1 untuk acara ramah tamah dan penutup.

Indah nya kebersama dan saling silaturrahmi yang sudah terjalin dari seluruh Warga Grafika SMKN 4 Malang, semoga senantiasa terpupuk dengan baik dan terjaga demi kemajuan sekolah pencetak prestasi yang ada di Kota Malang ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *