Pelaksanaan Pondok Ramadhan 1445 Hijriah

Bulan Suci Ramadhan telah kembali tiba, membawa kebahagiaan dan keberkahan bagi seluruh umat Muslim di seluruh dunia. Bulan yang penuh rahmat dan ampunan ini dinantikan dengan penuh kegembiraan dan kesyukuran. Di tengah semaraknya bulan Ramadhan, SMKN 4 Malang kembali mempersembahkan kegiatan istimewa yang telah menjadi tradisi, yaitu Pondok Ramadhan.

Pondok Ramadhan di SMKN 4 Malang telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam menyemarakkan bulan penuh berkah ini. Pada tahun ini, kegiatan Pondok Ramadhan akan digelar dengan semangat yang sama, bahkan lebih meriah daripada sebelumnya. Tanggal yang ditunggu-tunggu pun telah ditetapkan, dimulai pada tanggal 1-5 April 2024.

Kegiatan Pondok Ramadhan merupakan suatu momen yang sangat istimewa bagi seluruh siswa Muslim yang berada di kelas 10 di SMKN 4 Malang. Bagi mereka, ini bukan hanya sekadar serangkaian acara rutin, melainkan sebuah periode yang diisi dengan kegiatan-kegiatan yang sarat akan makna keagamaan dan nilai-nilai sosial.

Namun, tidak hanya siswa Muslim yang menjadi fokus dalam acara ini. Bagi siswa non-Muslim, pihak sekolah memberikan kesempatan untuk belajar di rumah pada hari pertama dan kedua dari Pondok Ramadhan. Ini adalah upaya inklusifitas yang memperhatikan kebutuhan dan keberagaman siswa. Namun demikian, pada hari ketiga, para siswa non-Muslim juga diajak untuk ikut serta meramaikan bazar yang diadakan di lingkungan SMKN 4 Malang. Dengan cara ini, mereka dapat turut merasakan atmosfer kebersamaan dan kegembiraan yang tercipta selama acara Pondok Ramadhan, meskipun dengan cara yang sesuai dengan keyakinan dan kepercayaan masing-masing.

Hal ini tidak hanya menciptakan kesempatan bagi siswa untuk memperluas pemahaman mereka tentang keberagaman agama dan budaya, tetapi juga mendorong terciptanya ikatan yang kuat antara siswa-siswi berbagai latar belakang. Dengan demikian, Pondok Ramadhan tidak hanya menjadi momen yang spesial bagi siswa Muslim, tetapi juga menjadi momentum bagi seluruh komunitas sekolah untuk bersatu dan merayakan nilai-nilai persaudaraan serta toleransi.

Beragam agenda kegiatan yang telah dipersiapkan dengan cermat oleh pihak sekolah mencakup serangkaian kegiatan yang meliputi pembagian zakat kepada yang membutuhkan, pelaksanaan tadarus Qur’an untuk meningkatkan kecintaan dan kehafalan terhadap kitab suci, kajian-kajian islami yang bertujuan untuk memperdalam pemahaman agama, pelaksanaan Shalat berjamaah untuk memperkuat tali silaturahmi di antara siswa dan guru, buka bersama sebagai wadah untuk mempererat hubungan sosial antar anggota komunitas sekolah, serta pelaksanaan tarawih dan bazar yang tidak hanya menjadi momen ibadah, tetapi juga kesempatan untuk berbagi dan berinteraksi secara langsung yang  diprakarsai dan disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube resmi SMKN 4 Malang, memperluas jangkauan dan partisipasi dalam kegiatan-kegiatan keagamaan dan sosial ini kepada seluruh anggota komunitas sekolah dan masyarakat yang terkait.

Masjid Lukmanul Hakim SMKN 4 Malang dipilih sebagai pusat utama kegiatan, yang akan menjadi tempat berlangsungnya serangkaian kegiatan penting seperti pembagian zakat, tadarus Al-Qur’an, dan pelaksanaan Shalat berjamaah. Keputusan untuk memilih masjid sebagai pusat kegiatan tersebut tentu tidak terlepas dari makna tempat tersebut dalam konteks kegiatan keagamaan, yang memberikan suasana yang khusyuk dan mendalam bagi para peserta.

Selain itu, untuk kegiatan pembelajaran dan penyampaian materi, pihak sekolah juga telah merencanakan penggunaan ruang-ruang di sekolah secara bergilir sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Dengan demikian, tidak hanya aspek spiritual dan keagamaan yang ditekankan, tetapi juga aspek pendidikan dan pembelajaran tetap menjadi perhatian utama dalam rangka menyelenggarakan Pondok Ramadhan ini.

Pemilihan ruang-ruang di sekolah secara bergilir juga dapat memastikan bahwa setiap kegiatan mendapatkan tempat dan waktu yang sesuai, sehingga tidak terjadi tumpang tindih antarkegiatan. Hal ini juga dapat meningkatkan efisiensi penggunaan sumber daya dan fasilitas sekolah secara optimal.

Dengan terselenggaranya Pondok Ramadhan ini, diharapkan akan membawa berkah dan kebaikan bagi seluruh warga SMKN 4 Malang. Semoga kegiatan ini tidak hanya menjadi momen berharga dalam meningkatkan keimanan dan ketakwaan, tetapi juga dapat menjadi wahana untuk mempererat tali persaudaraan di antara siswa-siswi dan seluruh komunitas sekolah. Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan Pondok Ramadhan ini, semoga segala upaya dan doa kita semua diberkahi oleh Allah SWT. Aamiin.

Penulis:

Frenti Indra Kusumawati, Brian Sandi Ivanov, Dwi Fahmi Muhammad, Krismon Nuvi Febriyanti, Mahera Nur Sofia, Ria Febrianti (Mahasiswa PPL PPG UM 2024)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *