Halalbihalal Saling Membuka Pintu Maaf di Bulan yang Fitri 1 Syawal 1443 H

Umat muslim di Indonesia mempunyai tradisi unik yang tidak dimiliki oleh negara-negara lain-nya tradisi itu disebut dengan halalbihalal. Halalbihalal dimaksudkan sebagai acara silaturrahmi yang dilaksanakan setelah menunaikan ibadah puasa Ramadhan dengan kegiatan inti saling bermaaf-maafan satu sama lain. Meski mempunyai nama khas Arab, namun halabihalal merupakan tradisi otentik nusantara dan tidak diturunkan oleh negara di belahan bumi lain.

Pada tanggal 9 Mei kemarin, bertepatan dengan hari pertama masuk setelah lebaran SMK Negeri 4 Malang mengadakan acara halal bihalal yang diikuti oleh seluruh warga grafika. Acara dimulai pada pukul 07.00 WIB. Acara dimulai dengan pembukaan, dilanjutkan sambutan dari Bapak Kepala Sekolah Drs. Gunawan Dwiyono, M.Pd. Kemudian dilanjutkan dengan tausiyah dan doa bersama oleh Al-karim Drs.H Nurkholiq. Rangkaian acara terakhir yakni bersalam-salaman dan saling bermaafan.

Setelah halalbihalal bersama para siswa selesai, komite sekolah mengadakan halal bihalal dengan warga grafika yang lebih private. Halalbihalal ini juga dihadiri oleh mantan kepala sekolah Drs. Wadib Su’udi serta seluruh alumni guru yang telah pensiun. Acara ini dimulai pukul 10.00 WIB. Acara ini dimulai dengan pembukaan, tausiyah, pembagian doorprize, dan diakhiri dengan makan bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *