Guru Konsentrasi Keahlian Teknik Logistik Berpartisipasi dalam Penyusunan Instrumen Survey Kebutuhan Model Buku Teks Utama SMK/MAK

 

Rindi Astuti, SE, M.Pd., Guru  Konsentrasi Keahlian Teknik Logistik SMKN 4 Malang, menghadiri Rapat Kerja Penyusunan Instrumen Survey Kebutuhan Model Buku Teks Utama SMK/MAK Mata Pelajaran Konsentrasi Keahlian dalam Rangka Penyusunan Buku Pendidikan Tahun 2024 .

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pusat Perbukuan, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP), Kemendikbudristek pada tanggal 6-8 Maret 2024 di Hotel Park 5 Simatupang, Jakarta Selatan.

Pusat Perbukuan BSKAP memiliki tugas dan fungsi melakukan penyediaan buku pendidikan, salah satunya melalui proses penyusunan. Untuk mendapatkan data kebutuhan buku di lapangan, Pusat Perbukuan akan melaksanakan Survei Kebutuhan Model Buku Teks Utama Mata Pelajaran Konsentrasi Keahlian Jenjang SMK/MAK untuk Fase F.

Kegiatan ini dibuka oleh Supriyatno, S.Pd., MA, Kepala Pusat Perbukuan BSKAP, Kemendikbudristek. Guru SMK yang diundang sebagai narasumber dalam kegiatan ini antara lain:

  • Siti Muyasaroh, S.Pt, M.Sc (SMKN 2 Sukoharjo/Guru Usaha Pertanian Terpadu)
  • Arum Fajar Vebrianingtyas, S.Pd., M.Pd (SMKN 7 Semarang/ Guru Teknik Perawatan Gedung)
  • Rindi Astuti, SE, M.Pd (SMKN 4 Malang/Guru Teknik Logistik)
  • Rini Melati (SMKN 11 Bandung/Guru Teknik Perawatan Gedung)
  • Giriluhita Retno Cahyaningsih (SMKN 2 Sewon/Guru Seni Rupa)

Kelima guru SMK tersebut bertugas memberikan masukan dan saran dalam penyusunan instrumen survei.

Narasumber ahli dari Institut Teknologi Bandung, UPI Bandung, UGM Yogyakarta, Universitas Negeri Semarang, BRIN (Badan Riset Inovasi Nasional), Praktisi, Puskurjar dan Tim Teknis Pusbuk juga turut dilibatkan dalam kegiatan ini.

Agenda utama kegiatan ini adalah:

  • Brainstorming Kebutuhan Pengembangan Buku Teks Utama Mata Pelajaran Konsentrasi Keahlian Jenjang SMK/MAK Fase F
  • Penyusunan Instrumen Survey Kebutuhan Buku Teks Utama Mata Pelajaran Konsentrasi Keahlian Jenjang SMK/MAK Fase F

Rencana tindak lanjut yang akan dilakukan dalam waktu dekat adalah mendistribusikan instrumen tersebut kepada para guru produktif Konsentrasi Keahlian Jenjang SMK/MAK Fase F di seluruh Indonesia sehingga diperoleh data dan informasi yang akurat.

Partisipasi SMK Negeri 4 Malang dalam kegiatan ini menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya dalam bidang Teknik Logistik. Diharapkan hasil survey ini dapat membantu Pusat Perbukuan BSKAP dalam menyusun buku teks utama yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman.

Penulis:

  • Rindi Astuti, Guru SMK Negeri 4 Malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *