Pekan Penilaian Akhir Tahun (PAT) Siswa Konsentrasi Keahlian Desain Komunikasi Visual (DKV) Tahun Ajaran 2023-2024

Di akhir semester genap, siswa akan melaksanakan Pekan Penilaian Akhir Tahun (PAT). Pekan penilaian akhir tahun merupakan penilaian yang menarik bagi siswa. Pekan penilaian akhir tahun diikuti oleh siswa yang melakukan pembelajaran langsung di sekolah maupun siswa yang extend di industri DKV. Seperti yang diketahui, PAT merupakan kegiatan yang dilakukan di akhir semester genap untuk mengukur pencapaian kompetensi dan PJBL seluruh siswa pada akhir tahun pembelajaran. Maka dari itu, SMKN 4 Malang melaksanakan penilaian akhir tahun yang dimulai pada hari Senin, 19 Februari 2024 dengan jadwal yang telah ditetapkan dari sekolah. Penetapan jadwal yang terstruktur tersebut, akan sangat membantu siswa dan guru untuk melakukan proyeksi ketercapaian belajar pada semester ini.  

Pekan PAT diikuti 3 kelas XII Desain Komunikasi Visual (DKV) pada hari Selasa-Rabu tanggal 27-28 Februari 2024 dengan konsentrasi keahlian motion graphic dan UI/UX. Penilaian akhir tahun dalam konsentrasi keahlian desain komunikasi visual dilakukan secara individu. Setiap individu dapat memilih salah satu konsentrasi yaitu motion graphic atau UI/UX untuk membuat design website maupun mobile. Penilaian akhir tahun (PAT) diselenggarakan secara luring di laboratorium DKV. Terdapat proyektor di ruangan tersebut disiapkan, dengan harapan kegiatan PAT berjalan lancar dan siswa merasa nyaman. Setiap siswa bergantian mempresentasikan hasil projek karya mereka selama 10-15 menit yang sudah dipersiapkan sejak awal semester. Prinsip diferensiasi konten dalam penilaian akhir tahun (PAT) yang diterapkan diharapkan tercapai dalam pembelajaran semester ini. 

Dalam melakukan penilaian PAT terdiri dari 6 penguji, yaitu 2 guru produktif dan 4 guru mata pelajaran umum. Dengan mengajukan pertanyaan, kritik, maupun saran dapat membangun dan menambah inspirasi bagi siswa untuk perbaikan, melengkapi, dan menyempurnakan produk mereka.Tema proyek penilaian akhir PAT konsentrasi keahlian desain komunikasi visual yaitu pariwisata di kota Malang. Tujuan utama dari PJBL dengan tema pariwisata lokal adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang daya tarik, budaya, dan keunikan destinasi wisata yang ada di wilayah mereka sendiri. Melalui proyek ini siswa akan dihadapkan untuk merancang strategi promosi dan pemasaran untuk menarik wisatawan ke destinasi wisata lokal mereka. 

Produk utama PJBL konsentrasi keahlian DKV berupa motion graphic pariwisata lokal yang mencakup animasi dari landmark dan berisi presentasi yang efektif serta informasi penting yang harus disampaikan kepada wisatawan. Sedangkan konsentrasi keahlian UI/UX produk utama PjBL berupa prototipe interaksi website dan prototipe interaksi mobile. Prototipe ini akan mencakup desain antar muka (UI) dan alur pengalaman pengguna (UX). Masing-masing siswa membuat video dan laporan. Dengan banyaknya temuan masalah dan kesulitan mulai dari persiapan yang singkat dalam menyelesaikan projek, tetapi dari situlah mereka mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi. Dari semua kegiatan PAT Kelas XII DKV telah diselenggarakan dengan sukses dengan hasil yang baik.

Penulis:

  1. Alfiana Nurul Wijayanti
  2. ⁠Inas Nur ‘Afifah
  3. ⁠Tina Dewi Kurniawati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *