Pekan Penilaian Akhir Tahun (PAT) Kelas XII Konsentrasi Keahlian Perhotelan (PH) Tahun Ajaran 2023-2024

SMK Negeri 4 Malang telah memasuki rangkaian pembelajaran semester akhir khusus kelas XII. Di akhir semester genap ini konsentrasi keahlian Perhotelan melaksanakan Penilaian Akhir Tahun (PAT). Penilaian Akhir Semester sebagai momen yang penting dan mengukur pencapaian kompetensi dan PjBL semua siswa selama pembelajaran yang dilaksanakan pada hari Selasa, 20 Februari 2024 dan Rabu, 21 Februari 2024. Guru penguji PAT dengan jumlah 6 orang yang terdiri dari 3 guru produktif dan 3 guru adatif normatif. 

Konsentrasi keahlian Perhotelan untuk tema Project Based Learning (PjBL) yaitu dengan dua konsentrasi keahlian yaitu “Front Office dan House Keeping” . Pekan PAT yang diikuti oleh 2 kelas XII perhotelan yang dilakukan sesuai dengan minat keahlian masing-masing siswa secara individu. Hal menarik dalam PAT itu sama dengan tugas UKK (Uji Kompetensi Keahlian) sehingga siswa mempersiapkan PAT dan juga untuk persiapan UKK. Dalam konsentrasi keahlian House Keeping siswa mempraktekkan salah satu tugasnya yaitu make up room dengan tugasnya menyiapkan kamar, paket laundry dan diberikan studi kasus oleh penguji yang sering terjadi saat di hotel. Konsentrasi keahlian Front Office bagian yang langsung berinteraksi dengan klien di suatu hotel. Sehingga peserta didik dituntut dalam pelayanan dengan berbagai praktik melayani tamu saat reservasi, memberikan informasi dan saran kepada tamu terkait tempat wisata, restoran, transportasi dan kegiatan di hotel. 

Adapun kendala yang dihadapi siswa dalam melaksanakan PAT penyesuaian materi yang diujikan ketika PAT yang berbeda dengan kegiatan PKL sehingga siswa harus belajar mandiri dengan waktu yang sangat singkat. Saat melakukan PKL di semester 4 dan 5 dengan konsentrasi yang berbeda-beda di setiap hotel yang berbeda sesuai dengan departemen yang ditentukan oleh hotel tersebut. Ketika siswa melakukan PKL biasanya hanya fokus terhadap satu konsentrasi keahlian saja sehingga siswa tidak bisa mengeksplor semua bagian yang ada di departemen. Namun tidak semua departemen seperti itu siswa diberikan jobdesk dengan bergantian agar semua merasakan pengalaman konsentrasi keahlian yang berbeda-beda. Berdasarkan hal tersebut ada beberapa siswa yang memiliki waktu sangat singkat untuk mempersiapkan ujian PAT. Akan tetapi sejauh ini pelaksanaanya berjalan dengan lancar dan memuaskan.

Penulis:

  1. Alfiana Nurul Wijayanti
  2. ⁠Inas Nur ‘Afifah
  3. ⁠Tina Dewi Kurniawati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *