Pekan Penilaian Akhir Tahun (PAT) Kelas XII Konsentrasi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) Tahun Ajaran 2023-2024

Kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan oleh kelas XII SMK Negeri 4 malang hampir memasuki babak akhir. Di akhir semester genap ini dengan melaksanakan Penilaian Akhir Semester (PAT) yang berjalan selama satu pekan. Pada pekan ini semua siswa melaksanakan PAT yang disesuaikan jadwal masing-masing konsentrasi keahlian. Konsentrasi keahlian Teknik Komputer dan Jaring (TKJ) dilaksanakan di hari Senin, 19 Februari 2024 sampai Rabu, 21 Februari 2024. Penguji dalam PAT ini masih sama dengan penguji konsentrasi lainnya dengan jumlah 6 penguji yang terdiri 3 guru produktif TKJ dan guru mapel normatif adaptif. PAT di SMK dilakukan dengan pembelajaran berbasis Project Based Learning (PjBL) yang nantinya dilanjutkan dengan Uji Kompetensi Kejuruan. PBL konsentrasi keahlian TKJ mengangkat tema “Rekayasa Teknologi” dengan beberapa konsentrasi peminatan yaitu Routing, Falance, Firewall, dan Server.

            Hasil akhir dari PAT yang dilaksanakan itu berupa laporan dan presentasi proses pembuatan konfigurasi dari setiap konsentrasi peminatan. Dalam hal ini guru melihat proses dari siswa melalui hasil konfigurasi dan dokumentasi setiap projek. Ujian ini siswa menampilkan presentasi dengan menjelaskan hasil produk atau konfigurasi yang sudah dibuat olehnya kepada penguji yang dilakukan secara individu. Presentasi ini dilakukan di lab TKJ dengan sistem bergantian setiap orang dan sangat representatif dengan didukung media yang memadai dan alat yang nyaman. Setelah itu diberikan sesi tanya jawab diharapkan siswa dapat menjelaskan dengan baik produk yang sudah dibuat kepada penguji. Kemampuan siswa dalam presentasi dengan komunikasi dan interaksi adalah tujuan utama dari PjBL ini.

            Sesi tanya jawab dari penguji diharapkan dapat membantu siswa juga dapat membangun dan menambah inspirasi bagi siswa untuk perbaikan melengkapi dan menyempurnakan produk. Kesulitan yang dihadapi siswa dalam persiapan, proses dan hasil dari konfigurasi yang sudah dibuat merupakan sesuatu yang wajar, hal ini mencerminkan pembelajaran problem base learning. Salah satu kesulitan siswa dalam melaksanakan PAT ini adalah membutuhkan waktu untuk memahami materi lagi atau mereview materi dikarenakan sebelumnya melaksanakan PKL selama 2 semester dan jarak PAT dengan kembalinya siswa itu sedikit. Akan tetapi semua rangkaian kegiatan PAT kelas XII TKJ diselenggarakan dengan sangat baik dan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *