Pekan Penilaian Akhir Tahun (PAT) Siswa Konsentrasi Keahlian Teknik Grafika

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh siswa kelas XII SMKN 4 Malang hampir memasuki tahap akhir kegiatan pembelajaran. Di akhir semester Genap, siswa akan melaksanakan Pekan Penilaian Akhir Tahun (PAT). Pekan yang menarik bagi siswa yang melaksanakan pembelajaran langsung di sekolah maupun siswa yang extend di industri. Pekan PAT merupakan kegiatan yang dilakukan di akhir semester genap untuk mengukur pencapaian kompetensi dan PJBL seluruh siswa pada akhir tahun pembelajaran. Pekan PAT dilaksanakan di SMKN 4 Malang yang dimulai pada hari Senin, 19 Februari 2024 sampai hari Kamis, 23 Februari 2024. Dengan jadwal yang terprogram dan terstruktur akan sangat membantu siswa dan guru untuk melakukan proyeksi ketercapaian belajar pada semester ini.

Pekan PAT diikuti 8 kelas XII Teknik Grafika dengan konsentrasi keahlian Desain Grafika (DG) dan Produksi Grafika (PD). Ada yang menarik dan berbeda dengan kolaborasi antara siswa dari dua konsentrasi keahlian tersebut dalam satu kelompok yang terbentuk dan dimulai sejak awal semester. Setiap kelompok terdiri dari 4 siswa, dimana terdiri dari 2 siswa DG dan PD, salah satu contohnya adalah komposisi 2 orang siswa XII DG A dan 2 siswa XII PD A. Mereka tampil dalam PAT dengan mempresentasikan produk hasil karya mereka yang sudah dipersiapkan sejak awal semester. Prinsip diferensiasi dan kolaborasi yang diterapkan diharapkan tercapai dalam pembelajaran semester ini. Presentasi setiap kelompok diselenggarakan di ruang Auditorium SMKN 4 Malang sangat representative dengan didukung media yang memadai dan ruangan yang nyaman.

Tema Visual Merchandise SMKN 4 Malang merupakan produk PJBL siswa. Setiap kelompok akan tampil bergantian dalam mempresentasikan hasil projek PJBL. Produk utama PJBL berupa Kaos Sablon manual dengan tinta plastisol didukung dengan packaging, tote bag, sticker, mug, gantungan kunci dan sebagainya sebagai produk pendukung. Dengan dukungan kuat proses mereka mulai awal sampai akhir yaitu kalkulasi dan estimasi harga,waktu dan hasil, konsep dalam bentuk mind mapping, timeline, sketsa, desain, pemisahan warna, proof, afdruk film sablon, sablon, die-cut dan sebagainya. Dengan tampil per kelompok sekitar 10 -20 menit dengan diteruskan sesi tanya jawab diharapkan siswa mampu meyakinkan penguji selayaknya customer sehingga produk tersebut dirasa layak. Kemampuan siswa dalam presentasi, komunikasi dan interaksi adalah produk utama dari PJBL.

Tim penguji terdiri dari 4 guru produktif dan 2 guru mapel umum sangat antusias dengan presentasi siswa kali ini. Dengan mengajukan pertanyaan terkait literasi dan numerasi, rangkaian proses dan bukti hasil produk, kritik dan saran dari tim penguji diharapkan dapat membangun dan menambah inspirasi bagi siswa untuk perbaikan, melengkapi dan menyempurnakan produk mereka. Dengan banyaknya temuan masalah dan kesulitan mulai dari persiapan, proses dan hasil mereka merupakan sesuatu yang wajar, hal ini mencerminkan pembelajaran Problem Base Learning, sehingga seberapa dalam mereka mampu mencari problem solvingnya. Ke depannya diharapkan mereka bisa membuat dan mengembangkan produk yang lain seperti proposal usaha, video iklan, poster, media social dan sebagainya, Dari semua rangkaian tersebut, kegiatan PAT kelas XII Teknik Grafika diselenggarakan dengan sangat baik dan sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *