SOSIALISASI MAGANG KE LUAR NEGERI DAN GOLDEN TICKET PENS ITS

Magang merupakan kegiatan yang memungkinkan siswa untuk memperoleh pengalaman kerja, mengembangkan pengetahuan, serta keahlian di bidang yang ditekuni. Kegiatan ini mengacu pada Kuriukulum Merdeka yang diimplementasikan sebagai mata pelajaran. Setiap sekolah memiliki kebijakan dan cara sendiri dalam menyelenggarakan kegiatan magang, seperti berkolaborasi dengan industri kerja atau menyediakan wadah untuk siswa yang ingin mencoba magang ke luar negeri.

“Banyak lulusan dari SMKN 4 Malang yang kuliah di luar negeri, tetapi untuk siswa yang magang di luar negeri masih belum ada. Sehingga diharapkan dengan adanya sosialisasi ini dapat menumbuhkan minat siswa untuk magang di luar negeri, dan membawa nama SMKN 4 Malang untuk go international”, ungkap Triyudi Yudawan selaku waka humas SMKN 4 Malang.

SMKN 4 Malang ingin mengembangkan kompetensi magang untuk kelas XII yang ingin melakukan magang di luar negeri. Salah satunya dengan adanya sosialisasi yang diadakan pada hari Kamis, 15 Februari 2024 di ruang auditorium SMKN 4 Malang. Lutvi Angreani sebagai pemateri di mana merupakan salah satu mahasiswa aktif D3 PJJ TI semester 4, menyampaikan bagaimana supaya dapat magang di luar negeri dengan dibekali ilmu yang cukup. Hal itu bisa didapatkan dengan mengikuti program Golden Ticket yang diselenggarakan oleh PENS (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya).

Program Golden Ticket PENS-BOE merupakan program kolaborasi dari PENS-BOE-SEAQIS yang menyediakan open course bagi siswa SMK/A/MA/sederajat mulai dari kelas 12 untuk membantu siswa mengenal dunia perkuliahan sebelum mereka lulus. Singkatnya, program ini dibuka untuk siswa yang ingin merasakan bangku kuliah sebelum lulus dari sekolah. Adapun benefit yang didapat adalah: (1) mempercepat waktu perkuliahan di D3 PJJ TI PENS, (2) membantu siswa mengenali dunia perkuliahan sebelum memasuki waktu kuliah yang sebenarnya, (3) sertifikat kelulusan yang diakui PENS, dan (4) membangun jejaring pertemanan siswa dengan mahasiswa D3 PJJ TI PENS.

Dengan mengikuti program Golden Ticket tersebut, siswa yang bersangkutan dapat mengikuti program penyiapan magang luar negeri di BOE Malang secara luring selama 3-4 bulan untuk penguatan skill IT dan bahasa inggris.

Antusias siswa pada sosialisasi ini membuat Azriel Jonathan R. sebagai salah satu anggota Golden Ticket menceritakan pengalamannya selama mengikuti open course dan magang di Bandung. Seperti mata kuliah apa yang dipilih, apa saja yang dipelajari, hingga proyek yang dibuat guna sebagai portofolio magang ke luar negeri.

Sosialisasi yang dihadiri siswa kelas XII dari berbagai jurusan telah berjalan dengan baik dan lancar. Dengan adanya gebrakan baru ini diharapkan terciptanya motivasi pada diri siswa untuk lebih unggul dan mengembangkan skill demi pengalaman kerja yang didapat. Serta dapat membawa SMKN 4 Malang menuju dunia internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *