PEKAN PENILAIAN AKHIR TAHUN KELAS XII KONSENTRASI KEAHLIAN ANIMASI

Setelah menjalani berbagai kegiatan belajar, praktek, hingga turun ke industri (magang), sampailah siswa-siswi kelas XII pada tahap Penilaian Akhir Tahun (PAT). Kegiatan ini wajib diikuti oleh siswa kelas XII yang sedang di industri maupun yang belum beruntung masuk ke dalam industri animasi. Seperti yang diketahui, PAT merupakan kegiatan yang dilakukan di akhir semester genap untuk mengukur pencapaian kompetensi seluruh siswa pada akhir tahun. Karena kewajiban itu SMKN 4 Malang mengadakan PAT yang dimulai pada Senin, 19 Februari 2024 demi mewadahi siswa kelas XII untuk menyelesaikan tugas akhirnya.

Terdapat kurang lebih 19 siswa kelas XII Animasi yang ikut serta dalam PAT luring yang diselenggarakan di ruangan Home Teater milik SMKN 4 Malang. Ruangan cukup luas dengan desain tempat duduk bertangga serta layar proyektor yang besar disiapkan dengan harapan kegiatan PAT berjalan lancar dan siswa merasa nyaman.

Setiap siswa bergantian dalam mempresentasikan projek yang sedang dikerjakan. Tugas PAT tahun ini menganjurkan siswa untuk mencari client yang memiliki produk untuk dibuatkan iklan dalam bentuk motion graphic. Tujuannya supaya produk tersebut dapat dipasarkan dengan harapan omset yang meningkat. Juga supaya siswa mengimplementasikan semua yang telah dipelajari di jurusan animasi. Selama 10 menit siswa menjelaskan apa saja yang telah dikerjakan, mulai dari identifikasi klien, membuat sinopsis, karakter, background, hingga panel.

Zaroh Wiraswastika dan Suci Lestari sebagai tim penguji beserta guru lainnya akan memberi saran dan kritik dari hasil projek tiap siswa guna menyempurnakan projek yang telah dibuatnya. Siswa yang menunggu giliran presentasi juga ikut memperhatikan jalannya kegiatan dengan baik dan tanpa kegaduhan. Mereka saling belajar dan menyerap ilmu yang di dapat dari tim penguji. Dengan begitu kegiatan PAT kelas XII Animasi telah diselenggarakan dengan lancar dan sukses.

Sedangkan untuk kelas XII yang sedang di tempat industri melakukan PAT daring melalui platform Google Meet yang diselenggarakan pada tanggal 19 hingga 21 Februari 2024. Di dalam kegiatan PAT daring, setiap kelompok dari industri masing-masing (seperti Dipadira, Roundbox Studio, Fantasi Studio, Infinite Framework, dan lainnya) menjelaskan apa saja projek yang telah mereka kerjakan selama berada di dalam industri tersebut. Para penguji akan menilai dan bertanya mengenai peningkatan skill hingga bagaimana cara mereka mengatasi perbedaan antara ilmu yang di kelas dan di lapangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *