PELAKSANAAN PAS GANJIL TAHUN PELAJARAN 2023/2024 SMKN 4 MALANG

      Di Minggu akhir bulan November ini, tepatnya pada tanggal 20 – 24 November 2023 seluruh siswa kelas X dan XI SMKN 4 Malang melaksanakan PAS (Penilaian Akhir Semester) Ganjil tahun ajaran 2023/2024. Sama seperti sebelumnya teknik penilaian PAS ini memadukan teknik penilaian projek dan tes lisan dalam bentuk presentasi PJBL (Project Based Learning). Dalam penilaian projek yang dinilai meliputi kegiatan perancangan, pelaksanaan, dan pelaporan yang harus diselesaika dalam kurun waktu tertentu. Sedangkan pada penilaian tes lisan nilai diambil saat pemberian soal/pertanyaan yang menuntut siswa menjawab secara lisan dan dapat diberikan klasikal ketika pembelajaran.

       Adapun tata cara presentasi PJBLnya adalah siswa diperbolehkan berkelompok atau individu dengan durasi presentasi per anak adalah 10 menit, jadi jika siswa berkelompok berisikan 5 orang maka 10 menit dikalikan 5. Kemudian untuk tim penilainya sendiri berasal dari Guru Produktif dengan jumlah minimal 2 Guru dalam 1 kelas dan Guru Umum minimal 3 Guru dalam 1 kelas. Untuk format penilaian antara Guru Produktif dan Guru Umum juga berbeda, jika Guru Produktif penilainnya meliputi persiapan, proses produksi, hasil produksi, relevansi, dan inovasi, sedangkan Guru Umum meliputi cara penyajian, penguasaan materi, kemampuan merespon, penggunaan alat bantu presentasi, dan sikap.Lalu juga terdapat interval nilai sebagai berikut :

  1. 0 – 40% (Belum mencapai ketuntasan dan harus remedial seluruh bagian)
  2. 41 – 75% (Belum mencapai ketuntasan dan harus remedialr5 pada bagian tertentu)
  3. 75 – 85% (Sudah mencapai ketuntasan dan tidak perlu remedial)
  4. 86 – 100% (Sudah mencapai ketuntasan dan perlu pengayaan atau tantangan lebih)

    Selama pekan PAS ini kami berharap agar semua diberikan kelancaran dari awal hingga akhir nanti. Dan semua siswa yang sedang mengikuti PAS kami doakan mendapatkan hasil yang terbaik. Selain itu dengan terlaksanakannya PAS dalam bentuk presentasi PJBL ini kami harap dapat menjadi sarana terasahnya pola pikir kritis dan kreatif siswa untuk ke depannya dapat menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *