LATIHAN ASESMEN NASIONAL TAHUN 2023 DI SMKN 4 MALANG

Berdasarkan informasi dari laman web Kemdikbud.go.id disampaikan bahwa Asesmen Nasional merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam meningkatkan mutu pendidikan yang mengacu pada input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. Mutu satuan pendidikan dinilai dari hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter), serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. Jadi bisa dibilang bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang biasa dilakukan.

Mengingat hal tersebut, di SMKN 4 Malang mulai mempersiapakan diri dengan mengadakan latihan Asesmen Nasional. Latihan Asesmen Nasional ini melibatkan beberapa siswa dari kelas 10, 11, dan 12. Karena kelas 12 sedang melaksanakan prakerin, maka untuk pembimbingannya dilakukan secara daring, baru kemudian saat pelaksanakan ANBK diikuti secara luring di sekolah. Sedangkan untuk kelas 10 dan 11 latihan Asesmen Nasional sudah dilaksanakan pada hari Rabu – Kamis, tanggal 23 dan 24 Agustus 2023 bertempat di Hall lantai 1 SMKN 4 Malang. Untuk pesertanya sendiri kelas 10 ada 1 siswa, lalu kelas 11 berjumlah 49 siswa, dan kelas 12 berjumlah 42 siswa.

Semoga dengan telah dilaksanakan latihan ini, pelaksanaan ANBK nanti dapat berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir. Selain itu semoga peserta ANBK dari SMKN 4 Malang juga diberikan kelancaran, kemudahan, dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Semangat untuk siswa SMKN 4 Malang yang nanti akan mewakili sekolah mengikuti ANBK kami doakan yang terbaik untuk kalian semua.

Leave a Reply

%d bloggers like this: