UPACARA HARI KEMERDEKAAN RI KE-78 DI SMKN 4 MALANG

Indonesia Merdeka pada tanggal 17 Agustus tahun 1945, yakni setelah dibacakannya teks proklamasi oleh Ir. Soekarno di JL. Pegangsaan Timur 56 yang sekarang sudah berubah nama menjadi JL. Proklamasi No. 01. Teks proklamasi dibacakan pada pukul 10.00 WIB, kemudian dilanjutkan dengan pengibaran bendera merah putih yang dijahit oleh Ibu Fatmawati dengan pengibar bendera adalah seorang prajurit PETA bernama Latief Hendraningrat yang dibantu oleh Soepardjo serta seorang pemudi yang membawa nampan berisi bendera Merah Putih. Setelah bendera berkibar, lagu Indonesia Raya dinyanyikan oleh semua hadirin.

Dan kini sudah 78 tahun Indonesia Merdeka, mengingat betapa susahnya perjuangan para pahlawan saat itu, maka sebagai bentuk rasa syukur dan menghormati jasa para pahlawan diadakanlah upacara untuk memperingati hari Kemerdekaan RI. Sama halnya dengan sekolah lain SMKN 4 Malang juga mengadakan upacara hari Kemerdekaan RI ke-78 di sekolah. Upacara pengibaran bendera merah putih dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus sekitar pukul 07.00 WIB di labana SMKN 4 Malang. Upacara diikuti oleh siswa kelas 10 beserta Bapak/Ibu Guru dan staf karyawan SMKN 4 Malang. Pada upacara kali ini peserta maupun petugas upacara, kecuali petugas pengibar bendera semua menggunakan baju adat daerah. Selain itu di pertengahan upacara juga dibacakan teks proklamasi oleh anggota OSIS yang bertugas. Kemudian di sore hari sekitar pukul 15.00 WIB kembali diadakan upacara untuk penurunan bendera. Jika saat pengibaran peserta upacara dari siswa kelas 10, maka saat penurunan bendera peserta upacaranya adalah siswa kelas 11 dan Bapak/Ibu Guru beserta staf karyawan SMKN 4 Malang. Untuk petugas upacaranya sendiri adalah dari anggota OSIS dan Paskibra SMKN 4 Malang.

Alhamdulillah upacara hari Kemerdekaan RI ke-78 di SMKN 4 Malang dapat terlaksana dengan lancar dari awal hingga akhir. Dan tidak lupa ucapan terima kasih ditujukan kepada seluruh peserta upacacara yang hadir dan terutama kepada petugas upacara yang sudah berlatih selama berminggu-minggu demi suksenya acara ini. Kami dari keluarga besar SMKN 4 Malang mengucapkan Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-78, terus melaju untuk Indonesia maju.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *