TRACER STUDY TOP LOKER DI SMKN 4 MALANG

Pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tentu yang menjadi fokus utamanya adalah mempersiapkan peserta didiknya untuk siap bekerja, sehingga tidak heran jika lulusan dari SMK banyak yang memilih untuk langsung bekerja atau memulai sebuah bisnis sendiri. Mengingat hal tersebut SMKN 4 Malang pastinya berupaya memberikan yang terbaik agar hal tersebut dapat terwujud, salah satunya yaitu dengan membentuk Bursa Kerja Khusus (BKK) yang bekerja sama dengan banyak mitra industri, sehingga nantinya lulusan dari SMKN 4 Malang tidak kesulitan mencari informasi lowongan kerja dan bahkan bisa segera bekerja dengan bantuan ditempatkan oleh BKK. Tidak hanya itu, SMKN 4 Malang bahkan juga mengikuti kegiatan Tracer Study yang diselenggarakan oleh Top Loker.

Tracer Study sendiri ditujukan untuk melacak jejak alumni/lulusan 2 tahun setelah kelulusan, sehingga pihak sekolah dapat mengetahui siapa saja alumninya yang sudah maupun belum bekerja. Tracer Study di SMKN 4 Malang dilaksanakan pada hari Kamis, 10 Agustus 2023 mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai bertempat di Hall SMN 4 Malang lantai 2. Kegiatan tersebut diikuti oleh para alumni dan juga siswa kelas 10 SMKN 4 Malang. Pada kegiatan Tracer Study kali ini fokus utamanya adalah lebih untuk mensosialisasikan aplikasi web Top Loker yang mendukung berjalannya Tracer Study dengan pembicara dari Waka Humas SMKN 1 Bangil Kabupaten Pasuruan, yaitu H. Abd. Kholiq, S. Kom ditemani oleh Salim Al Hadad siswa kelas 12 PPLG SMKN 1 Bangil Kabupaten Pasuruan yang nantinya akan menjadi admin yang memegang database siswa SMKN 4 Malang. Dengan terlaksananya sosialisasi Top Loker di SMKN 4 Malang diharapkansiswa SMKN 4 Malang bisa tergabung dengan Top Loker dan nantinya mempermudah pelacakan alumni mana yang sudah bekerja dan mana yang belum oleh pihak sekolah.


Tidak bisa dipungkiri bahwa kegiatan Tracer Study oleh Top Loker ini sangat bermanfaat  bagi SMKN 4 Malang, karena dengan diketahuinya penyebaran lulusan dari sekolah, kita jadi mempunyai bahan evaluasi sekolah terhadap lulusan sekolah yang dihasilkan apakah telah memenuhi standar kompetensi yang sesuai pada dunia kerja atau belum. Oleh sebab itu tidak lupa kami ucapkan terima kasih atas kedatangan dari H. Abd. Kholiq, S. Kom dan Salim Al Hadad yang telah mensosialisasikan Top Loker di SMKN 4 Malang. Selain itu jug terima kasih kepada siswa maupun alumni dari SMKN 4 Malang yang sudah berkenan hadir mengikuti kegiatan Tracer Study bersama Top Loker di SMKN 4 Malang. Semoga dengan terselenggarakannya kegiatan ini dapat menjadikan SMKN 4 Malang semakin berkembang menjadi lebih baik ke depannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *