PEKAN PENILAIAN AKHIR SEMESTER GENAP 2023 SMKN 4 MALANG

Pekan PAS (Penilaian Akhir Semester) genap 2023 di SMKN 4 Malang mulai diselenggarakan pada hari Senin – Jumat tanggal 22 – 26 Mei 2023. Kegiatan PAS ini diikuti oleh seluruh siswa/siswi SMKN 4 Malang kelas 10, 11, dan 12 Teknik Mekatronika. Untuk kelas 10 dan 12 Teknik Mekatronika PAS dilaksanakan di sekolah, sedangkan untuk kelas 11 karena sedang melaksanakan prakerin, maka pelaksanaan PASnya dilaksanakan secara online melalui laman web SiBela SMKN 4 Malang dan pastinya untuk teknik pelaksanaannya akan berbeda dengan yang melaksanakan PAS di sekolah.

Penilaian PAS kelas 10 dan 12 Teknik Mekatronika di sekolah dilaksanakan  berbasis PJBL (Project Based Learning) dengan teknik penilaian berupa projek dan tes lisan yang dijadikan satu dalam bentuk presentasi Project Based Learning. Pada penilaian projek yang dinilai meliputi kegiatan perancangan, pelaksanaan, dan pelaporan yang harus diselesaikan dalam periode/waktu tertentu. Sedangkan untuk tes lisan yang dinilai adalah saat pemberian soal/pertanyaan yang menuntut peserta didik menjawab secara lisan. Pada saat presentasi akan ada tim penilai, yakni dari guru produktif dan guru umum, guru produktif minimal ada 2 yang menguji di tiap satu kelas sedangkan untuk guru umum minimal ada 3 yang menguji di setiap kelas. Untuk tata cara presentasinya sendiri dapat dilakukan secara berkelompok atau individu dengan durasi 10 menit/siswa, jadi jika dalam satu kelompok terdapat 3 orang siswa maka waktu presentasinya adalah 10 menit dikali 3, yakni 30 menit sudah termasuk tanya jawab.

Presentasi Project Based Learning dilaksanakan secara bergilir sesuai jadwal yang sudah ditentukan, jadi dalam satu hari hanya ada beberapa siswa/siswi saja yang melaksanakan presentasi. Lalu bagaimana dengan siswa/siswi yang tidak terjadwal presentasi? Untuk siswa/siswi yang tidak terjadwal presentasi akan didampingi oleh wali kelas atau guru produktif untuk melaksanakan kegiatan mengunduh format PJBL, membuat laporan PJBL sesuai format yang disediakan, mengedit dan mengunggah video dokumentasi PJBL ke google drive atau media sosial, serta mengunggah laporan PJBL dan link video dokumentasi PJBL ke link yang sudah disediakan.

Kami berharap semoga pelakasanaan PAS genap 2023 SMKN 4 Malang ini senantiasa diberikan kelancaran. Semangat selalu untuk siswa/siswi SMKN 4 Malang yang sedang melaksanakan PAS dan jangan lupa untuk mengiringi usaha kalian dengan berdoa. Semoga kalian semua mendapatkan hasil yang memuaskan dan jangan lelah untuk memotivasi diri kalian untuk menjadi lebih baik setiap harinya.

Satu suara, suara Grafika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *