KEGIATAN LSP TAHUN 2023 UNTUK KOMPETENSI KEAHLIAN RPL DAN MM

Dikutip dari laman web Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, bahwa Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) adalah lembaga pelaksana kegiatan kompetensi kerja yang mendapatkan lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). SMK yang sudah mendapat Sertifikat Lisensi dari BNSP dapat menjadi LSP P1, LSP P1 adalah LSP yang didirikan oleh lembaga pendidikan dengan tujuan utama melaksanakan sertifikasi kompetensi kerja terhadap peserta didiknya. Sebanyak 327 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sudah menjadi Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Pertama (LSP P1) dan SMKN 4 kota Malang menjadi salah satunya. Ke-327 SMK itu sudah menerima Sertifikat Lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), sehingga bisa menguji dan mengeluarkan Sertifikat Kompetensi untuk peserta didiknya. Selanjutnya, Sertifikat Kompetensi yang dimiliki lulusan SMK itu bisa diakui dunia usaha dan dunia industri (DUDI) dalam proses rekrutmen tenaga kerja terampil.

Pada tanggal 13 Maret – 07 April 2023 yang lalu, SMKN 4 kota Malang telah melaksanakan kegiatan LSP P1. Kegiatan tersebut diikuti oleh siswa kelas XII kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dan Multimedia. Dalam pelaksanaannya SMKN 4 kota Malang mengacu pada pedoman yang dikeluarkan oleh BNSP. Dalam pedoman tersebut ditetapkan persyaratan yang harus dipatuhi untuk menjamin agar lembaga sertifikasi menjalankan sistem sertifikasi pihak pertama secara konsisten dan profesional, sehingga dapat diterima di tingkat nasional yang relevan demi kepentingan pengembangan sumber daya manusia dalam aspek peningkatan kualitas dan perlindungan tenaga kerja. Untuk kompetensi keahlian RPL terdapat 3 klaster yang diujikan, yakni pemograman dasar, pemograman web, dan pemograman berorientasi web. Sedangkan pada kompetensi keahlian Multimedia terdapat 4 klaster, yakni desain grafis, desain grafis percetakan, animasi 2D, dan audio video.

Syukur Alhamdulillah kegiatan LSP P1 di SMKN 4 kota Malang tersebut dapat berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir. Semoga dengan adanya LSP P1 ini dapat mempermudah siswa SMKN 4 kota Malang nanti saat hendak melamar pekerjaan. Dan kami harap siswa/siswi SMKN 4 kota Malang yang mengikuti LSP P1 tidak mudah puas dengan hasil yang diperoleh, sehingga bisa terus termotivasi untuk mengasah dan mengembangkan keahlian yang dimiliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *