Isra Mi’raj SMK Negeri 4 Kota Malang

Isra merupakan peristiwa perjalanan nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram, yakni sebuah masjid di Mekkah menuju Masjidil Aqsha di Yerussalem, di mana tempat tersebut merupakan pusat para nabi sejak dari nabi Ibrahim. Nabi muhammad SAW menempuh perjalanan mengendarai buraq, sehingga yang semestinya membutuhkan waktu satu bulan jika menggunakan unta, beliau hanya menghabiskan waktu semalam dengan mengendarai buraq. Sesampainya di Masjidil Aqsha atau Baitul Maqdis nabi Muhammad SAW menjadi imam dalam salat dua rakaat, dengan demikian ini menunjukkan bahwa nabi Muhammad SAW adalah seorang imam besar dan pemimpin terdepan. Singkat cerita nabi Muhammad SAW melanjutkan perjalanannya menembus langit satu persatu bersama nabi Jibril, sampai akhirnya berjumpa dengan Allah SWT dan menerima perintah salat atau biasa disebut dengan peristiwa Mi’raj. 

Pada tahun 2023 ini peringatan Isra Mi’raj jatuh pada tanggal 18 Februari 2023. Namun di SMK Negeri 4 kota Malang acara peringatan Isra Mi’raj dilaksanakan enam hari setelahnya atau tepatnya pada tanggal 24 Februari 2023 hari Jum’at. Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai pukul 07.00 – 11.00 WIB di labana SMK Negeri 4 kota Malang. Dalam pelaksanaannya pihak sekolah dibantu oleh OSIS dan juga Rohis sebagai panitia kegiatan. Kegiatan ini juga mendapat dukungan berupa sponsor dari yayasan Al-Kahfi, Zulfah Collection, dan Zeruwah Parfume.

Peringatan Isra Mi’raj SMK Negeri 4 kota Malang diawali dengan pembacaan surah Yasin sebagaimana memang telah dilakukan rutin setiap hari Jum’at, kemudian seperti biasa setelah pembacaan surah Yasin dilanjutkan dengan kultum. Namun kultum kali ini berbeda, karena yang maju membawakan kultum dipilih dari yang sudah tampil dan merupakan yang terbaik. Setelah itu dilanjutkan dengan memasuki acara inti dipandu oleh MC (Master of Ceremony) menggunakan tiga bahasa, yakni bahasa Arab, Inggris, dan Indonesia. Acara inti dibuka dengan sari tilawah, lalu sambutan-sambutan, sambutan yang pertama dari bapak Drs. Gunawan Dwiyono, M.Pd selaku kepala SMK Negeri 4 kota Malang dan sambutan kedua dari bapak Drs. Nurcholiq selaku perwakilan guru PAI (Pendidikan Agama Islam).  Kemudian acara dilanjutkan dengan pembacaan sholawat nabi dan disambung dengan mauidhoh hasanah dari ustadz Muhammad Salam S. Pd. I, yang mana beliau merupakan alumni dari SMK Negeri 4 kota Malang lulusan tahun 2010 dan juga guru MAN 1 Gondanglegi serta guru di Mualaf Center Malang. Salah satu alasan mengapa beliau yang diundang mengisi mauidhoh hasanah di SMK Negeri 4 kota Malang, yaitu untuk memotivasi siswa-siswi SMK Negeri 4 kota Malang bahwa lulusan di sini juga bisa menjadi seorang pendakwah hebat.

Berikutnya kegiatan peringatan Isra Mi’raj ditutup dengan pembagian give away berupa delapan parfum dari Zeruwah Parfume dan tiga gamis dari Zulfah Collection. Pemenang give away adalah siswa/siswi yang berhasil menjawab pertanyaan seputar Isra Mi’raj. Selain Zeruwah Parfume dan Zulfah Collection membagikan give away, mereka juga datang mengikuti acara peringatan Isra Mi’raj di SMK Negeri 4 kota Malang ini. Jadi, begitulah acara peringatan Isra Mi’raj ini berlangsung. Semoga acara peringatan Isra Mi’raj ini dapat membawa keberkahan bagi SMK Negeri 4 kota Malang dan khususnya kepada pihak-pihak yang terlibat.

Leave a Reply

%d bloggers like this: