SMKN 4 Malang Meraih Juara 2 Lomba Kinerja Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK Tingkat Jawa Timur Tahun 2022

Bursa Kerja Khusus (BKK) adalah sebuah lembaga yang dibentuk di jenjang pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), sebagai unit pelaksana yang memberikan pelayanan dan informasi lowongan pekerjaan, pelaksana pemasaran, penyaluran dan penempatan tenaga kerja, merupakan mitra Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Sebagaimana penjebaran tugas dan tanggung jawab tersebut team BKK SMKN 4 Malang pada tahun 2022 ini memantabkan diri untuk mengikuti Lomba Kinerja Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK Tingkat Jawa Timur.

Sehingga Pada tanggal 23 – 24 November 2022 dilakukan visitasi dan verifikasi berkas untuk Nominator Lomba Kinerja Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK Tingkat Jawa Timur Tahun 2022 oleh team penilai dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dalam hal ini dilakukan oleh Bapak Sukur Basuki, SE., MM. selaku Pengawas / Capdin Wilayah Jember dan Bapak Kusnadi, S.Sos., M.Pd. selaku Capdin Wilayah Pasuruan. Beliau berdua hadir di SMKN 4 Malang dengan melakukan wawancara, pengecekan dan verifikasi berkas sekaligus meninjau secara langsung kondisi BKK SMKN 4 Malang.

Berdasarkan Surat Perintah Tugas dari Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Malang (Kota Malang – Kota Batu) Nomor 094/2562/101.6.10/2022 yang menugaskan Bapak/Ibu Guru Koordinator BKK sebagai Peserta Lomba Kinerja BKK SMK Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2022 terdapat 5 sekolah yang ditunjuk untuk mewakili Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Malang untuk hadir di Hotel Selecta Batu Jalan Raya Selecta No.1 Bumiaji Kota Batu pada hari Senin dan Selasa tanggal 28 – 29 November 2022 Yakni SMKN 6 Malang, SMKN 1 Batu, SMKN 2 Malang, SMK PGRI 3 Malang dan SMKN 4 Malang.

Sejumlah tiga puluh sekolah seluruh Jawa Timur dalam Seleksi Kinerja BKK SMK Tingkat Provinsi Jawa Timur tersebut, team BKK SMKN 4 Malang yang secara langsung di wakili oleh Ibu Tisna Hestiningtyas, M.Pd. selaku wakil kepala sekolah bidang humas dan Koordinator BKK SMKN 4 Malang Bapak Triyudi Yudawan, S.Pd. memaparkan mengenai kinerja BKK, Sarana Prasarana, Program Inovasi Kewirausahaan, Rekap Data, Sosial Media dan Dokumentasi Kegiatan BKK.

Beberapa data BKK yang di paparkan diantaranya Data Industri Pasangan, Data UMKM, Data Survay Kepuasan Pelanggan, Data Linieritas Alumni Jurusan, Data MOU dengan DUDIKA dan juga Data Tracer Study dalam tiga tahun terakhir. Pengembangan Inovasi Program BKK Kewirausahaan di SMKN 4 Malang terdiri dari Project Base Learning (PJBL), Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Inkubator Bisnis (Inbis) dan Sekolah Pencetak Wirausaha (SPW).

Alur kegiatan PJBL di SMKN 4 Malang terdiri dari Implementasi Kurikulum Merdeka, Singkronisasi Mata Pelajaran dengan Industri, PJBL sistem blok dan Teaching Factory (TEFA), Penilaian Sumatif Presentasi PJBL dan Pameran Hasil Karya. Pembelajaran Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di awali dengan pendataan minat siswa dengan tiga tema yakni Teknologi Rekayasa, Kebekerjaan dan Kewirausahaan. Daftar nama narasumber External P5, Jadwal Pembelajaran P5 dan Dokumentasi Kegiatan.

Pemaparan dan Inovasi yang disampaikan dalam seleksi tersebut akhirnya team BKK SMKN 4 Malang dapat meraih Juara 2 Tingkat Provinsi Jawa Timur, dengan menyisihkan sekian banyak team BKK dari sekolah lainnya. Akhir presentasi yang disampaikan oleh Bapak Triyudi Yudawan, S.Pd. selaku koordinator BKK SMKN 4 Malang menyampaikan pantun yang berbunyi Pergi kekebun memetik buah kates, buah kates dirujak dengan buah kwini, BKK SMKN 4 Malang memang is the best, karena memberi pelayanan kepada alumni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *