Studi Tiru SMK Negeri 1 Bantul – Yogyakarta dan SMKN 7 Bone – Sulawesi Selatan

Program SMK Pusat Keunggulan merupakan program pengembangan SMK dengan kompetensi keahlian tertentu dalam peningkatan kualitas dan kinerja, yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia usaha, dunia industri, dunia kerja, yang akhirnya menjadi SMK rujukan yang dapat berfungsi sebagai sekolah penggerak dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya. Selain itu, ada program pendampingan yang dirancang untuk membantu SMK PK dalam pencapaian output. Pelaksana pendampingan dilakukan oleh perguruan tinggi yang telah memenuhi kriteria.

SMK Negeri 4 Malang sebagai salah satu sekolah Pusat Keunggulan di Indonesia dan juga merupakan salah satu SMK BLUD di Provinsi Jawa Timur sejak tahun 2018, sehingga SMK Negeri 4 Malang dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat berbentuk penyediaan barang dan jasa yang dijual dengan prinsip efisien dan produktivitas tanpa mengutamakan mencari keuntungan. Sehingga dalam rangka bantuan pelaksanaan bantuan  pemerintah program pengembangan sekolah Pusat Keunggulan Pemadanan tahun 2022, terdapat beberapa sekolah yang melaksanakan Studi Tiru di SMK Negeri 4 Malang yakni SMK Negeri 1 Bantul – Yogyakarta dan SMKN 7 Bone – Sulawesi Selatan.

SMK Negeri 1 Bantul – Yogyakarta mengadakan Benchmarking pada tanggal 18 November 2022 sejumlah 45 orang dengan tujuan studi tiru mengenai SMK Pusat Keunggulan dan BLUD, sedangkan rombongan dari SMKN 7 Bone – Sulawesi Selatan tiba di SMK Negeri 4 Malang pada tanggal 22 November 2022 dengan jumlah rombongan 13 orang dengan tujuan Studi Tiru mengenai Administrasi Implementasi Teaching Factory, SMK Pusat Keunggulan dan BLUD. Agenda tersebut disambut dengan baik oleh team managemen yang secara langsung di pimpin oleh wakil kepala sekolah bidang Humas Ibu Tisna Hestiningtyas, M.Pd, wakil kepala sekolah bidang sarana prasarana Bapak Eko Budi Iswanto, S.Pd., dan Direktur BLUD Bapak Muklis Hardianto, SE. di ruang Hall Lantai 2 SMKN 4 Malang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *