PT. E-T-A Indonesia Hadir Sebagai Guru Tamu Konsentrasi Keahlian Teknik Mekatronika

Pada hari Senin,14 November 2022, Konsentrasi Keahlian Teknik Mekatronika menggelar acara Guru Tamu dari Industri. Acara ini menghadirkan narasumber praktisi dari PT. E-T-A Indonesia. PT. E-T-A Indonesia adalah pemimpin pasar dalam desain dan produksi circuit breaker untuk perlindungan peralatan. PT. E-T-A Indonesia merupakan perusahaan pemasok dari Jerman dan yang beroperasi secara internasional untuk perangkat elektro, mekanik dan elektronik, peralatan keselamatan untuk berbagai aplikasi industri.

Narasumber kali ini menyajikan materi Dual System sebagai pola pembelajaran kejuruan ditempat kerja yang dikenal sebagai experience based training atau interprise based training untuk menempatkan siswa dalam situasi nyata ditempat kerja secara menyeluruh. Selain itu, PT. E-T-A Indonesia juga menghadirkan Vito Argani Putra siswa Teknik Mekatronika kelas XIII yang saat ini sedang melaksanakan kegiatan magang di PT. E-T-A Indonesia untuk memberikan review serta memberikan informasi terkait materi-materi pembelajaran yang perlu ditingkatkan siswa sebagai bekal magang. Output dari program dual system adalah siswa dapat magang di PT. E-T-A Indonesia pada semester genap 2022/2023.  Seluruh peserta yang terdiri atas siswa kelas XI dan XII Teknik Mekatronika mengikuti pemaparan materi dengan antusiasme yang tinggi.

Septian Nugroho sebagai pemateri pada kegiatan guru tamu kali ini, memberikan materi terkait tips bagaimana mempersiapkan seleksi di perusahaan. Selain itu, Beliau menyampaikan kurikulum dan silabus yang akan diperlajari saat magang di PT. E-TA Indonesia. Setelah sesi pemaparan materi dari narasumber, ada diskusi tanya jawab dengan bimbingan langsung dari narasumber. Dengan adanya kegiatan guru tamu, seluruh peserta didik sangat terbantu dalam mendalami materi apa saja yang diperlukan sebagai dasar magang, sehingga kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi semua peserta. Kegiatan Guru Tamu dari industri diakhir dengan foto bersama siswa dan narasumber.

Leave a Reply

%d bloggers like this: