Studi Tiru SMK Negeri 5 Yogyakarta, SMKN 3 Sidrap – Sulsel, SMKN 4 Jember dan SMKN 1 Kutalimbaru – Sumut

Program SMK Pusat Keunggulan merupakan program pengembangan SMK dengan kompetensi keahlian tertentu dalam peningkatan kualitas dan kinerja, yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia usaha, dunia industri, dunia kerja, yang akhirnya menjadi SMK rujukan yang dapat berfungsi sebagai sekolah penggerak dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya. Selain itu, ada program pendampingan yang dirancang untuk membantu SMK PK dalam pencapaian output. Pelaksana pendampingan dilakukan oleh perguruan tinggi yang telah memenuhi kriteria.

SMK Negeri 4 Malang sebagai salah satu sekolah Pusat Keunggulan di Indonesia dan juga merupakan salah satu SMK BLUD di Provinsi Jawa Timur sejak tahun 2018, sehingga SMK Negeri 4 Malang dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat berbentuk penyediaan barang dan jasa yang dijual dengan prinsip efisien dan produktivitas tanpa mengutamakan mencari keuntungan. Sehingga dalam rangka bantuan pelaksanaan bantuan  pemerintah program pengembangan sekolah Pusat Keunggulan Pemadanan tahun 2022, terdapat beberapa sekolah yang melaksanakan Studi Tiru di SMK Negeri 4 Malang secara marathon sejak tanggal 7 – 11 November 2022, diantaranya adalah SMK Negeri 5 Yogyakarta, SMKN 3 Sidrap – Sulawesi Selatan, SMKN 4 Jember, SMKN 1 Kutalimbaru – Sumatera utara.

SMK Negeri 5 Yogyakarta mengadakan Benchmarking pada tanggal 7 November 2022 sejumlah 30 orang dengan tujuan studi tiru mengenai SMK Pusat Keunggulan, sedangkan rombongan dari SMKN 3 Sidrap – Sulawesi Selatan tiba di SMK Negeri 4 Malang pada tanggal 8 November 2022 dengan jumlah rombongan 13 orang dengan tujuan Studi Tiru mengenai Administrasi Implementasi Teaching Factory dan BLUD. Pada tanggal 9 November 2022 SMK Negeri 4 Jember hadir dengan jumlah rombongan sebanyak 25 orang guru dan managemen yang melaksanakan studi tiru mengenai Kompetensi keahlian DKV, Pengelolaan BLUD dan Kegiatan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dan pada tanggal 11 November 2022 rombongan SMK Negeri 1 Kutalimbaru Provinsi Sumatera Utara hadir di SMK Negeri 4 Malang sejumlah 8 orang team managemen dengan studi tiru mengenai SMK Pusat Keunggulan.

Agenda tersebut disambut dengan baik oleh team managemen yang secara langsung di pimpin oleh wakil kepala sekolah bidang Humas Ibu Tisna Hestiningtyas, M.Pd, wakil kepala sekolah bidang sarana prasarana Bapak Eko Budi Iswanto, S.Pd., dan Direktur BLUD Bapak Muklis Hardianto, SE. di ruang Hall Lantai 2 SMKN 4 Malang. Cara dimulai dengan Sambutan dari masing-masing sekolah, dilanjutkan dengan penayangan video profil SMKN 4 Malang, penjelasan program Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) SMKN 4 Malang, serta pemaparan Program Keahlian Desain Komunikasi Visual, Animasi, Mekatronika dan Perhotelan.

Setelah sesi tanya jawab dari masing-masing peserta kegiatan agenda selanjutnya adalah berkeliling untuk melihat situasi dan kondisi nyata dari SMKN 4 Malang dimulai dari Ruang Guru, Lapangan Serba Guna (Labana), ruang BK, Perpustakaan, Bengkel Animasi, Bengkel Mekatronika dan berakhir di Pusat Bisnis SMKN 4 Malang (Technopark). Acara keliling area di akhiri dengan foto bersama seluruh rombongan studi tiru di depan lobi Hall SMK Negeri 4 Malang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *