Workshop Satu Guru Satu Buku “SABUSAKU”

Malang, 24 Oktober 2022 di laksanakan oleh team Wakil Kepala Sekolah Bidang PSDM di ruang Hall Lantai 2 SMK Negeri 4 Malang. Tujuan dari Workshop ini adalah untuk melatih guru menghasilkan karya berupa karya ilmiah yang dapat di publikasi dalam Jurnal Penelitian.

Bapak Dr. Warsiman, M.Pd. dan Ibu Prof. Dr. Zuliati Rohmah, M.Pd. sebagai pemateri dan narasumber dalam kegiatan Workshop Satu Guru Satu Buku “SABUSAKU” adalah Dosen dari Universitas Brawijaya (UNIBRAW) Malang. Seluruh Bapak/Ibu Guru yang hadir dalam acara tersebut di bimbing untuk menghasilkan Karya Ilmiah berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) mulai dari penentuan tema masalah yang di hadapi selama mengajar dikelas, menentukan judul karya ilmiah, rumusan masalah, instrument yang dibutuhkan untuk melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas, dan bagaimana melaksanakan penelitian tindakan kelas.

Tujuan akhir dari penulisan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah dapat di masukkan dalam jurnal ilmiah Universitas Brawijaya Malang yakni pada laman jurnalcerdik yang merupakan jurnal yang di khususkan bagi Bapak/Ibu Guru yang sudah memiliki karya ilmiah atau artikel dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas.

Penelitian Tindakan Kelas selain sebagai sarana untuk meningkatkan kompetensi dalam melaksanakan proses pembelajaran bagi guru sebagai seorang pendidik dan pengajar dikelas. Penelitian Tindakan Kelas sebagai sarana untuk mencari kelemahan dan kekurangan Bapak/Ibu guru dalam menyampaikan materi dikelas, sehingga dengan adanya Penelitian Tindakan Kelas dapat terpecahkan  masalah yang di timbul baik dalam penerapan metode pembelajaran, model pembelajaran maupun instrument pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran di kelas. Hasil akhir dari Penelitian Tindakan Kelas salah satunya adalah instrument untuk menunjang penilaian dalam Kenaikan Pangkat bagi ASN Guru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *