Workshop Budaya Kerja Siswa SMK Negeri 4 Malang

Malang, 25 Oktober 2022 dilaksanakan workshop budaya kerja yang dilaksanakan di ruang Auditorium SMK Negeri 4 Malang di hadiri oleh Bapak/Ibu Guru dan 3 orang perwakilan siswa dari semua kelas XI dari delapan Kompetensi Keahlian.

Sebagai narasumber dari workshop Budaya Kerja adalah Bapak Wily Ariwiguna yang memiliki berbagai talenta dan mendirikan berbagai bidang usaha diantaranya adalah Konsultan SDM, Konsultan Manajemen, Konsultan Bisnis, Training, Pelatihan Pengembangan Karier, Pelatihan Pengembangan Hidup, Pengembangan Kepemimpinan, Public Speaking dan masih banyak jenis usaha yang beliau miliki dan dirikan.

Kegiatan workshop di awali oleh sambutan dan penjelasan budaya kerja dan kebiasaan yang ada di lingkungan SMK Negeri 4 Malang, budaya tersebut diataranya adalah budaya bersalaman sebelum masuk sekolah, budaya membaca Surat Yaasin pada hari Jumat setiap minggunya, budaya piket kelas setiap mulai pembeajaran atau selesai pembelajaran, budaya membuang sampah pada tempatnya, dan budaya baik lainya. Budaya kerja di sekolah di sampaikan oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Bapak Wuryandaru, S.Pd.

Budaya kerja sangat di perlukan oleh seluruh siswa pada umumnya dan kelas XI secara khusus untuk menyambut keberangkatan masa PKL/Prakerin pada bulan Januari tahun 2023. Budaya kerja diperlukan untuk mendukung sikap, penampilan, tujuan hidup, berfikir kreatif, mengambil keputusan, memecahkan masalah, berkomunikasi komprehensif, bekerja dalam tim, sikap jujur amanah terpercaya, menghormati orang lain, berpenampilan rapih dan bersih, bekerja secara digital dan berwawasan global.

Strategi PKL menurut Bapak Willy Ariwiguna perlu untuk di tumbuh kembangkan sebagai latihan untuk membangun portofolio kerja dan budaya profesional. Strategi tersebut di bagi menjadi rumus 60% untuk menuntaskan pekerjaan utama termasuk yang berkaitan dengan kurikulum, 30%  mendukung/berkontribusi dalam pekerjaan bersama yang membutuhkan kerja team dan 10%  untuk menggali kemampuan diri sendiri untuk meningkatkan karir.

Langkah penting yang diperlukan pada saat dan sebelum melaksanakan PKL adalah mengenali kekurangan dan potensi untuk dikembangkan, kenali budaya dan potensi belajar di tempat PKL, pahami instruksi dan bekerja dengan baik, mengajukan mentoring/pembiasaan belajar, observasi dan lakukan pencatatan secara mandiri, refleksikan hasil pembelajaran sebagai modal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *