Road to Ocean 20 : Workshop on Partnership towards Effective Management to Conserve and Sustainably Use the Oceans

Pada Senin, 26 September 2022 Program Keahlian Teknik Logistik SMK Negeri 4 Malang menghadiri undangan Road to Ocean 20 : Workshop on Partnership towards Effective Management to Conserve and Sustainably Use the Oceans yang diselenggarakan oleh The Coordinating Ministry of Maritime and Investment Affairs of Indonesia (Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia) dan the United Nations in Indonesia (Perserikatan Bangsa-Bangsa di Indonesia) di Ballroom Mandarin Oriental Hotel, Jl. M.H. Thamrin, Menteng, Jakarta. Kegiatan workshop ini sebagai bagian dari dukungan kepada Presidensi G20 Indonesia dan prioritasnya pada laut yang berkelanjutan.

Tujuan dari Side-Event Road to Ocean 20 ini adalah untuk memperkuat pengembangan “National Blue Agenda Action Partnership (Kemitraan Aksi Agenda Biru Nasional)”, menyatukan mitra dari  sektor publik, swasta dan internasional. Acara dibuka oleh Jodi Mahardi selaku Wakil Menko dan dilanjutkan oleh sambutan dari Resident Coordinator PBB di Indonesia yaitu Valerie Julliand.

Para narasumber yang dihadirkan berasal dari latar belakang organisasi yang telah secara nyata memberikan kontribusi dan pemikirannya untuk dunia yang lebih baik beberapa yaitu BAPPENAS, COBSEA, PT. Rajawali Nusantara Indonesia-Holding BUMN Pangan Persero, BRIN, ILO, United Nations Office for Project Services (UNOPS), DBS Bank Singapore. Teristimewa hadir pula Prof. Yohannes Surya senior adviser menko serta seorang intelektual yang fokus pada pembimbingan fisika dan matematika dengan metode-metode inovatif. Adapun selaku pembicara utama adalah Menteri Luhut B. Pandjaitan (via online dari Amerika Serikat), beliau menekankan pentingnya National Blue Agenda Action yang terdiri dari blue health, blue food, blue finance dan blue innovation.

Peserta workshop merupakan undangan dari berbagai kedutaan besar dan organisasi-organisasi nirlaba internasional yang berkomitmen pada tercapainya tujuan National Blue Agenda. Tidak ketinggalan pula lembaga pendidikan juga turut diundang, khususnya yang memiliki konsentrasi Logistik sebagai bagian strategis dalam menyiapkan sumberdaya manusia yang kompeten sebagai pelaku dari agenda besar ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *