Workshop Penelusuran tamatan (Tracer Study)

Penelusuran tamatan (Tracer Study) adalah studi mengenai lulusan lembaga penyelenggara pendidikan. Studi ini mampu menyediakan berbagai informasi yang bermanfaat bagi kepentingan evaluasi hasil pendidikan dan selanjutnya dapat digunakan untuk penyempurnaan dan penjaminan kualitas lembaga pendidikan yang bersangkutan. Tracer Study juga bermanfaat dalam menyediakan informasi penting mengenai hubungan antara pendidikan tinggi dan dunia kerja professional, menilai relevansi pendidikan, dan informasi bagi pemangku kepentingan (stakeholders).

Workshop penelusuran tamatan SMK Pusat Keunggulan SMK Negeri 4 Malang, dilaksanakan pada hari Kamis, 15 September 2022 mulai pukul 08.30 WIB. Workshop ini diawali dengan sambutan Kepala SMK Negeri 4 Malang, Bapak Drs. Gunawan Dwiyono, S.ST., M.Pd. yang memaparkan pentingnya menjalin kerjasama antara pihak sekolah dengan pihak DUDIKA. Sekolah dengan DUDIKA perlu menjalin kerjasama terkait dengan kegiatan sinkronisasi kurikulum, program magang guru, program guru tamu, dan penelusuran serta penyaluran tamatan. Sekolah Menengan Kejuruan (SMK) dikatakan berhasil jika para alumni (lulusan) mampu terserap di dunia kerja dunia industri sesuai dengan latar belakang kompetensinya. Keberhasilan program tersebut perlu mendapat dukungan dari DUDIKA. Sekolah berharap 100% alumni dari SMK Negeri 4 Malang dapat terserat di DUDIKA.

Hadir dalam workshop tersebut adalah Bapak Manake Bambang Triawan, SE. yang merupakan perwakilan dari Dinas Tenaga Kerja Kota Malang. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan ucapan selamat kepada SMK Negeri 4 Malang atas terpilihnya sebagai SMK Pusat Keunggulan. Selanjutnya, beliau menjelaskan bahwa proses penyelenggaraan Pendidikan harus sesuai standar mutu Industri sehingga keterserapan Lulusan dapat maksimal. Beliau berharap semoga workshop penelusuran tamatan / lulusan ini lebih mengeratkan kerjasama antara dunia kerja dengan sekolah. Selain itu, workshop ini diharapkan mampu menyelaraskan kebutuhan DUDIKA dengan apa yang dipelajari di sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *