Tetap Istiqomah dalam Ramadhan, Day-2 Pondok Ramadhan SMK Negeri 4 Malang

Semarak Ramadhan. Tidak terasa bulan Ramadhan telah berlangsung selama hampir setengah bulan. Semakin sedikit waktu yang tersisa di bulan suci penuh berkah ini. Maka dari itu, SMK Negeri 4 turut aktif memanfaatkan kesempatan emas ini untuk istiqomah beribadah dengan melaksanakan pondok romadhon yang telah memasuki hari ke 2 di hari ke 11 ramadhan.

Hari ke 2 pondok romadhon ini diikuti oleh 3 jurusan dari siswa-siswi kelas 10, yaitu jurusan TKJ, Mekatronik, dan RPL. Runtutan kegiatan yang dilaksanakan sama dengan hari sebelumnya namun dengan materi yang berbeda.

Kegiatan dimulai dengan sholat dhuha berjamaah pada jam 7 pagi. Dilanjutkan dengan tadarus, kajian terkait Rukum iman ke 1, 2, & 3 yang difokuskan dalam materi rahasia puasa dan disampaikan oleh Bapak Ahmad Cholis. Dari kajian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa puasa merupakan ibadah yang sudah ada sebelum zaman Nabi Muhammad SAW dan puasa juga memiliki kedudukan yang istimewa karena pada saat kita berpuasa kita akan mendapatkan setengah dari kesabaran dan sadar itu setengah dari keimanan. Acara selanjutnya penyerahan zakat yang dilakukan di masjid lantai 1.

Selanjutnya, siswa-siswi berpencar ke masing-masing ruangan yang telah dijadwalkan. Pada kajian kedua yang dilakukan oleh Bapak Masyhudi di Masjid SMKN 4 Malang terkait dengan Rukun iman ke 4, 5, & 6. Dari kajian tersebut didapatkan bahwa dalam mengimani rukun iman hal yang paling dasar ialah rasa percaya terhadap apa yang kita Imani selain itu kita juga harus mengimplementasikan keimanan tersebut di dalam setiap Tindakan yang kita lakukan.

Pada siang hari nya, siswa-siswi melaksanakan sholat dhuhur dan istighosah dan pada pukul 1 siang siswa- siswi bisa menyerahkan zakat bagi yang belum lalu pulang ke rumah masing-masing.

Selamat menunaikan ibadah puasa. Semangat beribadah. Semoga semua umat islam dapat memanfaatkan kesempatan emas ini untuk kebaikan dunia dan akhiratnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *