PONDOK RAMADHAN 1442 H

MALANG – Sabtu, 8 Mei 2021 Pada masa pandemi kegiatan Pondok Ramadhan SMK Negeri 4 Malang dilakukan secara luring di Masjid Lukmanul Hakim SMKN 4 Malang oleh perwakilan kelas dengan menerapkan protokol kesehatan dan daring melalui Live Youtube pada tanggal 5 – 6 Mei 2021.

Kegiatan yang dilaksanakan pada waktu puasa Ramadhan yang berisi berbagai macam kegiatan keagamaan (Shalat Dhuha, Tadarus Al-Qur’an, Pengkajian Ilmu, Shalat Dhuhur, dan Istighosah ). Kegiatan ini bertema “Spirit menjaga hati dan jarak demi kesucian hati, Kesehatan diri di masa pandemi”.

Kegiatan ini dibuka dengan Tadarus Al-Quran dan dilanjutkan dengan Sholat Dhuha berjamaah yang dipimpin oleh bapak Nurkholiq. Setelah Shalat Dhuha, dilanjutkan dengan paparan kajian keislaman dengan tema dan penceramah sbb :

  1. Zakat Fitrah, disampaikan Bapak Drs. Nurkholiq
  2. Sejarah Nuzulul Quran, disampaikan oleh bapak Sukirman (Pengawas GPAI SMK Kota Malang)
  3. Birrul Walidain, disampaikan oleh ibu Sulaimah, S.Pd.I.
  4. Zakat Mal, disampaikan oleh Bapak Achmad Cholis Mustofa, S.Pd.I.
  5. Nuzulul Quran, disampaikan oleh Bapak Qomaruddin, S.Pd.I.

Pada kegiatan Pondok Ramadhan ini, siswa diwajibkan mengisi presensi kehadiran pada kolom Live chat Youtube. Siswa yang mengikuti kegiatan secara luring wajib mengumpulkan Rangkuman Materi penceramah pada lembar kertas dan siswa yang mengikuti kegiatan secara daring wajib mengumpulkan Rangkuman Materi dalam bentuk PowerPoint. Yang bertujuan untuk memperdalam, menetapkan, dan meningkatkan penghayatan tentang Zakat, Sejarah Nuzulul Qur’an dan Birrul Walidain (berbakti kepada kedua orang tua).

Walaupun dilaksanakan secara luring dan daring, kegiatan Pondok Ramadhan 1442 H ini tetap diikuti oleh siswa kelas X dengan antusias, siswa mengikuti kegiatan Pondok Ramadhon dengan tertib dan mematuhi protokol kesehatan.

INFO LEBIH LANJUT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *