MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH SMKN 4 MALANG TAHUN AJARAN 2023/2024

Setelah rangkaian Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) selesai sampai dengan tahap daftar ulang, maka selanjutnya akan diadakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi peserta didik baru. Dengan adanya MPLS diharapkan peserta didik baru dapat dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan sekolah baru mereka, selain itu pelaksanaan MPLS ini juga bertujuan dapat mengenali potensi peserta didik baru melalui bakat, sifat/perilaku, dan lain sebagainya. Maka dari itu, sangatlah penting sekali mengadakan kegiatan MPLS.

Di SMKN 4 Malang MPLS dilaksanakan serentak bersama dengan sekolah-sekolah yang ada di Jawa Timur, yakni pada tanggal 15 Juli 2023 sebagai pra MPLS, kemudian dilanjutkan tanggal 17 – 21 Juli 2023. Pada saat pra MPLS SMKN 4 Malang dikunjungi langsung oleh Bapak Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Bapak  Aries Agung Paewai, Kepala Bidang Pembinaan GTK Ibu Suhartatik, S. Pd, M. Psi, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kota Malang dan Kota Batu Ibu Dr. Dra. Ema Sumiarti, M. Si. Untuk kegiatan pra MPLS bertempat di Labana SMKN 4 Malang dengan rangkaian kegiatan mulai dari apel pra MPLS, pembinaan oleh ketua pelaksana MPLS, pengarahan teknis MPLS 2023, sosialisasi tata tertib MPLS, gladi bersih pembukaan MPLS, dan masih banyak lagi.

Kemudian di hari Senin tanggal 17 Juli 2023 dilaksanakan pembukaan MPLS oleh Ibu Gubernur Jawa Timur Ibu Khofifah Indar Parawansa secara virtual yang diikuti oleh seluruh sekolah di provinsi Jawa Timur. Pembukaan MPLS disimboliskan dengan pemakaian papan nama oleh Bapak kepala sekolah kepada peserta didik baru. Selain itu, dalam pembukaan MPLS juga dilaksanakan santunan anak yatim dan penanaman pohon bersama. Lalu kegiatan MPLS dilanjutkan sesuai dengan rangkaian kegiatan yang sudah disusun oleh panitia MPLS mulai hari Senin 17 Juli sampai dengan Jumat 21 Juli 2023. Berbagai materi sudah disiapkan untuk peserta didik baru yang akan dipaparkan oleh beberapa perwakilan dari Bapak/Ibu Guru, anggota OSIS, hingga Bapak Polisi dari Kapolsek Klojen.

Satu Minggu MPLS tersebut dilaksanakan, sampai pada akhirnnya di hari Jumat tanggal 21 Juli 2023 MPLSpun ditutup dengan melepaskan papan nama peserta didik baru sebagai tanda simbolis. Alhamdulillah selama satu Minggu MPLS tersebut berlangsung dengan lancar, hal itu tidak lepas dari kerja sama seluruh panitia pelaksana MPLS dan juga warga SMKN 4 Malang yang ikut berpartisipasi mendukung terselenggaranya kegiatan MPLS. Semoga dengan adanya MPLS ini, peserta didik baru menjadi bisa lebih muda beradaptasi dengan lingkungan sekolah baru mereka dan menjadi siswa-siswi yang membanggakan bagi SMKN 4 Malang.

Leave a Reply

%d bloggers like this: