GELAR KARYA PEMBELAJARAN KE-3 SMKN 4 MALANG

Perkembangan teknologi di era saat ini sangatlah cepat, oleh karena itu tidak heran jika dunia juga mengalami perubahan akibat dari hal tersebut. Maka dari itu sangatlah penting mempersiapkan generasi muda untuk siap menghadapi tantangan di masa mendatang, salah satunya dengan adanya inovasi dalam pendekatan Pendidikan. Salah satu solusi yang diusulkan saat ini adalah implementasi Kurikulum Merdeka dengan Gelar Karya. Gelar Karya sendiri merupakan pengakuan formal yang diberikan kepada siswa yang berhasil menyelesaikan proyek atau karya nyata yang signifikan.

Di SMKN 4 Malang Gelar Karya Pembelajaran (GKP) diselenggarakan setiap akhir semester. Terakhir SMKN 4 Malang menyelenggarakan GKP, yakni pada tanggal 19 – 20 Juni 2023 dan ini merupakan GKP yang ketiga di SMKN 4 Malang. GKP ketiga ini mengusung tema “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”. Adapun tujuannya adalah, yang pertama sebagai bentuk apresiasi dan media untuk menumbuhkan kreativitas siswa dan juga Guru dalam kegiatan pembelajaran, lalu yang kedua adalah sebagai media edukasi kepada masyarakat khususnya siswa calon peserta didik agar mengenal lebih dekat konsentrasi keahlian di SMKN 4 Malang. Sedangkan untuk sasarannya adalah siswa SMK, Guru, orang tua, masyarakat, stake holder, siswa SMP Negeri dan Swasta, warga sekolah, dan mitra industri. Pada saat GKP terdapat 38 stand antara lain, 3 stand untuk P5 kelas 10 dengan ukuran 6×3 meter berisikan hasil karya saat kegiatan P5, kemudian 26 stand untuk kelas 10 dan 12 berukuran 3×3 meter berisi hasil karya saat PJBL dan P5, lalu 8 stand untuk konsentrasi keahlian berukuran 6×2,5 meter berisi pengenalan konsentrasi keahlian, dan 1 stand untuk Bapak/Ibu Guru  berisikan hasil karya inovatif Guru.

GKP berlangsung secara meriah, karena selain mengadakan sebuah pameran dalam acara GKP tersebut juga terdapat berbagai rangkaian acara yang tidak kalah menarik. Setiap hari kita akan dihibur oleh penampilan dari siswa-siswi SMKN 4 Malang, diataranaya adalah berupa tampilan menari, bernyanyi, fashion show, dan masih banyak lagi. Kemudian panitia juga menyediakan kotak menfess yang nantinya akan dibacakan secara bergilir, kebanyakan menfess yang dibacakan berisi kata-kata penyemangat dengan nama pengirim dirahasiakan. Lalu yang tidak kalah menariknya adalah terdapat acara Podcast di tengah-tengah GKP yang pasti narasumbernya adalah orang-orang istimewa, salah satunya yaitu Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kota Malang dan Kota Batu Ibu Dr. Dra. Ema Sumiarti, M. Si, Pengawas SMKN 4 Malang Bapak Drs. Sukardi, M. Pd, dan Perwakilan dari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Alhamdulillah berkat kerja sama dan dukungan dari seluruh pihak yang terkait, kegiatan GKP dapat terlaksana dengan lancar dari hari pertama sampai dengan hari terakhir.  Dan tidak lupa pastinya kami ucapkan terima kasih kepada pihak yang sudah mendukung terselenggaranya kegiatan GKP ini. Semoga dengan terselenggaranya GKP ini membawa banyak manfaat dan juga dampak positif terhadap SMKN 4 Malang.

Leave a Reply

%d bloggers like this: