KOPSIS SMKN 4 MALANG BERHASIL MERAIH BEBERAPA JUARA DI JAMBORE KOPERASI KOTA MALANG TAHUN 2023

Setiap tanggal 12 Juli diperingati sebagai peringatan hari Koperasi, dan di tahun 2023 ini sudah 76 tahun hari Koperasi diperingati. Untuk merayakan hal tersebut Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Daerah Kota Malang menyelenggarakan Jambore Koperasi Generasi Muda tingkat Siswa SMP/MTs, SMA/SMK/MA se-Kota Malang tanggal 28 Juli – 30 Juli 2023 di Lapangan Dodik Bela Negara Kota Malang. Kegiatan tersebut  dibuka langsung oleh Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji pada hari Jumat 28 Juli 2023. “Mudah-mudahan koperasi semakin membumi di Kota Malang, dan ke depannya dapat membangkitkan perekonomian di Indonesia. Koperasi adalah Soko Guru perekonomian Bangsa Indonesia. Moto di koperasi itu luar biasa, Kita Maju Bersama,” ujar Drs. H. Sutiaji dalam sambutannya.

            Mengetahui adanya kegiatan ini, SMKN 4 Malang semangat untuk berpartisipasi dengan mengirimkan beberapa siswanya sebagai perwakilan. Berikut adalah nama-nama siswa yang mewakili SMKN 4 Malang dalam kegiatan Jambore Koperasi Kota Malang :

  1. Airin Ainun Nadhifah (XI Teknik Logistik B)
  2. Anindya Calista Nabila Putri (XI Teknik Logistik B)
  3. Della Farida Winarno (XI Teknik Mekatronika B)
  4. Derossy Danuarta (XI Perhotelan A)
  5. Laily Dwi Cahyani (XI Desain Komunikasi Visual A)
  6. Marcell Dwison Tawi (XI Teknik Mekatronika B)
  7. Moch Putra Hidayat (XI Teknik Komputer Jaringan B )
  8. Rizqi Tondyo Andyka   Pratama (XI Teknik Logistik B)
  9. Sherilia putri Agdiansyah (XI Teknik Logistik B)
  10. Shofyan Maulidi Anwar (XI Teknik Logistik C)

Kurang lebih 1 bulan waktu mereka untuk mempersiapkan diri mengikuti Jambore Koperasi Kota Malang. Di Minggu pertama mereka mulai membagi tim siapa saja yanag akan mengikuti perlombaan, lalu mereka juga mencoba membuat coop made dan tidak lupa melakukan evaluasi setelahnya. Di Minggu kedua dan ketiga latihan difokuskan untuk berlatih paduan suara, mereka berlatih bersama dengan kak Damarius Yefta yang merupakan alumni dari SMKN 4 Malang. Lalu di Minggu terakhir diadakan latihan membangun tenda sekaligus menyiapkan dekorasi untuk tendanya nanti. Dan di H-1 sebelum kegiatan tidak ketinggalan mereka melaksanakan gladih bersih untuk semua lomba. Sampai pada tanggal 28 Juli tibalah hari di mana Jambore Koperasi dilaksanakan.

            Setelah rangkaian kegiatan sekaligus perlombaan di Jambore selesai, tibalah waktu pengumuman hasil lomba. Perasaan campur aduk menjadi satu, semua merasa deg-degan akan hasil dari perlombaan, namun siapa sangka ternyata SMKN 4 Malang berhasil membawa pulang 4 nominasi dari kegiatan Jambore Koperasi Kota Malang. Berikut adalah daftar nominasi yang berhasil diraih oleh tim Kopsis SMKN 4 Malang :

  1. Juara 3 karikatur oleh Airin Ainun Nadhifah (XI Teknik Logistik B) dengan tema karikatur Koperasi Digital
  2. Juara harapan 1 pidato oleh Laily Dwi Cahyani (XI Desain Komunikasi Visual A) dengan judul pidato “Pentingnya Koperasi Siswa dalam Mengembangkan Potensi Ekonomi”
  3. Juara harapan 1 tenda dan slogan terbaik putri
  4. Juara harapan 2 tenda dan slogan terbaik putra

Selama proses latihan sampai dengan perlombaan mereka dibimbing dan didampingi oleh Ibu Riska Ingtyas Mangesti, Ibu Iin Sulistyowati, Ibu Puri Nur Rohmah, Ibu Arini, dan Damarius Yefta. Mereka merasa sangat bersyukur karena bisa berkumpul dengan teman-teman sejawat yang ingin memahami lebih dalam tentang koperasi, dan bersama-sama merayakan nilai-nilai kebersamaan, tanggung jawab, dan kesetaraan yang menjadi dasar koperasi.

Pencapaian yang telah digapai oleh tim Kopsis SMKN 4 Malang ini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi SMKN 4 Malang. Dari kegiatan ini diharapkan Kopsis di SMKN 4 Malang menjadi semakin semangat dalam berkembang ataupun berinovasi. Terima kasih bagi tim Kopsis yang sudah mengharumkan nama SMKN 4 Malang, sukses selalu untuk kalian semua.

Leave a Reply

%d bloggers like this: