PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) SMKN 4 MALANG DENGAN TEMA GAYA HIDUP BERKELANJUTAN

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila  atau biasa disingkat dengan P5, istilah tersebut tidaklah asing lagi bagi kita saat ini. Seperti yang kita ketahui, bahwa pada Kurikulum Merdeka Belajar ini salah satu bentuk implementasinya adalah melalui program P5.  P5 sendiri adalah upaya untuk mewujudkan Pelajar Pancasila yang mampu berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Sehingga pada setiap akhir semester setelah melaksanakan PAS (Penilaian Akhir Semester) di SMKN 4 Malang  akan diadakan pekan P5.

P5 SMKN 4 Malang untuk pekan pertama dimulai pada tanggal 29 – 31 Mei 2023 dengan tema “Gaya Hidup Berkelanjutan” subtema “ECO Produk dan Limbah Kreasi”. Di P5 kali ini akan difokuskan untuk menghasilkan produk berupa room decor, limbah kreasi, dan batik ecoprint. Sedangkan untuk prosedur P5nya sendiri adalah setiap siswa kelas 10 (Individu) akan mengkreasikan tas dengan produk eco atau limbah kreasi dengan beberapa ketentuan, yaitu produk berupa tas totebag/tas ransel serut, konsep desain kreasi tas tersebut berdasar dari bahan eco/limbah, proses pembuatan akan diamati oleh guru pengajar jam mata pelajaran biasa dan dinilai oleh guru IPAS, Seni Budaya, dan INKA, kemudian siswa juga diwajibkan membuat video singkat proses pembuatan, lalu di tanggal 5 Juni 2023 totebag/tas ransel serut yang dihasilkan wajib dipakai ke sekolah. Untuk alur kegiatannya sendiri di pekan pertama ini dibagi  menjadi tiga, pada tanggal 29 kegiatannya adalah membuat konsep sketsa untuk desain produk yang akan dihasilkan, sedangkan di tanggal 30 siswa/siswi mulai mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, dan di tanggal 31 barulah eksekusi membuat tas hingga final.

Selama pekan pertama P5 ini Alhamdulillah  semuanya berjalan dengan lancar, dan semoga untuk pekan P5 selanjutnya juga diberikan kelancaran. Selain itu kami juga berharap semoga di pekan pertama P5 dengan tema “Gaya Hidup Berkelanjutan”,  siswa/siswi SMKN 4 Malang dapat mengambil banyak pembelajaran yang pastinya positif dan bisa mengamalkan serta diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kami juga berharap kegiatan P5 ini benar-benar dapat mewujudkan Pelajar Pancasila di SMKN 4 Malang.

Leave a Reply

%d bloggers like this: