Kegiatan Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023 di SMKN 4 Malang

Pendidikan adalah suatu hal yang sangatlah penting, mengapa demikian? Karena pendidikan merupakan salah satu komponen pendukung manusia untuk dapat menjalani hidup di muka bumi ini. Untuk itu dahulu pada masa pemerintahan Belanda, Ki Hadjar Dewantara berani melawan kebijakan pemerintah Belanda yang saat itu hanya memperbolehkan anak kelahiran Belanda atau anak orang kaya saja yang bisa mengenyam bangku sekolah. Namun karena kritiknya tersebut akhirnya beliau diasingkan oleh pemerintah Belanda, tetapi sepulangnya ke Indonesia beliau justru mendirikan lembaga pendidikan yang diberi nama  “National Onderwijs Institut Taman Siswa” pada tanggal 3 Juli tahun 1922 di Yogyakarta sebagai bentuk perlawanannya terhadap pemerintah Belanda. Oleh sebab itu pada saat Indonesia merdeka Ki Hadjar Dewantara diangkat sebagai Menteri Pendidikan, bahkan beliau juga disebut sebagai Bapak Pendidikan Nasional dan dikenal dengan semboyannya Ing ngarsa sung tulada, Ing madya mangun karsa, Tut wuri handayani yang artinya di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan daya kekuatan atau dorongan. Diketahui beliau wafat pada tanggal 26 April 1959, dan untuk menghormati jasanya pada tanggal 2 Mei ditetapkan sebagai hari Pendidikan Nasional, yang mana tanggal tersebut merupakan tanggal kelahiran Ki Hadjar Dewantara.

Oleh sebab itu kemarin, tepatnya pada tanggal 2 Mei 2023, SMKN 4 Malang mengadakan upacara untuk  memperingati hari pendidikan nasional dengan tema “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”. Upacara tersebut diikuti oleh siswa kelas 10 dan Bapak/Ibu Guru SMKN 4 Malang. Untuk petugas upacara hari pendidikan nasional ini adalah dari OSIS dan paskibra SMKN 4 Malang. Upacara kali ini berbeda dengan upacara biasanya, karena pada upacara ini peserta upacara menggunakan baju adat daerah dan Pembina upacara juga membacakan pidato dari Mendikbudristek Republik Indonesia yang khusus dibuat untuk peringatan hari Pendidikan Nasional 2023. Bersamaan dengan agenda Peringantan hari Pendidikan Nasional diberikan Piagam Perpisahan dan kenang-kenangan untuk Bapak Suhardi yang pada bulan Januari 2023 sudah purna tugas, beliau adalah salah satu Guru Pengajar di Matapelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN).

Dengan adanya peringatan hari Pendidikan Nasional ini semoga dapat menjadi penggerak bagi pelajar Indonesia agar senantiasa semangat dalam menempuh pendidikan, khususnya bagi siswa/siswi SMKN 4 Malang. Dan tidak hanya itu, semoga para tenaga pendidik juga ikut termotivasi dengan semangat Ki Hadjar Dewantara dalam memperjuangkan pendidikan di Indonesia. Tidak lupa kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada para pihak yang mendukung terselenggaranya acara ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *