Workshop Pengembangan Program PKL

Malang, 20 Oktober 2022 telah dilaksanakan Workshop Pengembangan Program PKL tahun pelajaran 2022/2023 yang dilaksanakan di Hall Lantai 2 SMK Negeri 4 Malang di hadiri oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Bapak/Ibu Kepala Program Keahlian dan Kepala Bengkel secara keseluruhan mulai dari Program Keahlian Teknik Grafika, Teknik Komputer Jaringan, Desain Komunikasi Visula, Rekayasa Perangkat Lunak, Animasi, Logistik, Perhotelan dan Mekatronika.

Kegiatan ini di laksanakan untuk menyongsong pelaksanaan program Praktik Kerja Lapangan (PKL) pada tahun 2023, dikarenakan masa PKL siswa SMK Negeri 4 Malang yang dilaksanakan selama kurang lebih selama dua belas bulan pada semester tiga kelas XI dan semester empat kelas XII.

Kegiatan workshop diawali oleh sambutan dari masing-masing Wakil Kepala Sekolah, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian adanya perubahan waktu pelaksanakaan PKL oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Bapak Eko Wahyudi, S.Pd. yang menyatakan bahwa akan ada perubahan waktu pelaksanaan PKL yang awalnya dilaksanakan pada semester tiga dan semester empat di undur pada semester lima dan enam. Meskipun belum ada titik temu mengenai secara teknis bagaimana pelaksanaan transisi perubahan waktu PKL, tetapi beliau juga memberikan kesempatan kepada seluruh Kepala Program Keahlian dan Kepala Bengkel untuk menyampaikan kondisi real pada masing-masing kompetensi keahlian, sehingga akan didapatkan program PKL yang terbaik bagi seluruh siswa SMK Negeri 4 Malang.

Selain mengenai perubahan waktu pelaksanaan PKL, juga membahas mengenai tujuan PKL. Seperti yang di ketahui bersama bahwa tujuan utama dari kegiatan Workshop Pengembangan Program PKL adalah untuk mendapatkan tempat PKL yang terbaik bagi siswa baik mengenai kompetensi yang di dapatkan selama pelaksanaan PKL maupun fasilitas tambahan yang di berikan oleh DUDIKA. Sehingga diperlukan evaluasi tempat PKL pada tahun sebelumnya dan pendataan tempat PKL baru yang sudah mulai masuk di Ruang Humas SMK Negeri 4 Malang. Memang tidak mudah untuk mendapatkan tempat PKL bagi siswa yang layak dan sesuai dengan keinginan siswa maupun kompetensi yang di harapakan, tetapi paling tidak dengan adanya workshop ini diharapakan bisa mengantarkan siswa untuk mendapatkan tempat PKL yang terbaik, baik untuk kompetensi maupun dari fasilitas yang diberikan oleh perusahaan.

Leave a Reply

%d bloggers like this: